5 Jalan Rusak di Kabupaten Cirebon yang Sempat Jadi Sorotan

5 Jalan Rusak di Kabupaten Cirebon yang Sempat Jadi Sorotan

Jalan rusak di Kabupaten Cirebon tersebar di sejumlah wilayah dari Timur hingga ke Barat. Foto: -Andri Wiguna-Radar Cirebon

Warga Desa Sutawinangun, RW 07, Blok Sitameng Pecilon Indah, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon memilih melakukan swadaya untuk memperbaiki jalan rusak pada awal Maret lalu. 

Swadaya masyarakat ini dilakukan lantaran sudah sejak 2019 tidak ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk memperbaiki jalan tersebut.

Ketua Karang Taruna Desa Sutawinangun, Lukmantara, mengatakan bahwa, kegiatan swadaya itu dilaksanakan atas inisiatif warga.

"Dengan menggunakan alat berat, gotong royong masyarakat ini dilakukan untuk meratakan akses jalan yang rusak sepanjang sekitar 100 meter," katanya.

4. Jalan Kalisari-Ambulu

Jalan rusak ruas Kalisari – Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, membuat aktivitas masyarakat terhambat.

Warga sempat melakukan syawada untuk upaya tambal sulam kerusakkan jalan. Jalan yang berlubang di ruas Kalisari – Ambulu, Kecamatan Losari oleh masyarakat diurug menggunakan batu.

Penjabat Kuwu Desa Kalisari, Kecamatan Losari, Badrudin mengatakan aktivitas pengurugan jalan tersebut merupakan inisiasi warga yang peduli terhadap kondisi infrastruktur yang tidak layak.

“Pengurugan ini diinisiasi oleh Bapak Hamzah dan dibantu oleh warga lainnya. Kami melalukan monitoring langsung,” katanya.

5. Jalan Cangkring

Jalan Cangkring dari Tegalsari ke Lemahtamba Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon rusak parah sudah cukup lama. Warga dan pengguna jalan terus mengeluh kondisi lubang yang semakin besar.

Lapisan aspal juga terus mengelupas di sepanjang musim hujan. Sehingga menimbulkan kubangan lumpur yang membahayakan warga yang melintas menggunakan sepeda motor.

Baru-baru ini Bupati Cirebon H Imron meninjau langsung kondisi Jalan Cangkring yang rusak parah. Dia kemudian menelpon Kepala DPUTR Kabupaten Cirebon.

Kadis PUTR Kabupaten Cirebon, Iwan Rizky mengungkapkan, sudah ada rencana perbaikan ruas jalan Cangkring sekitar 1 kilometer. Proyek sudah masuk tahap lelang. Diprediksi mulai dilaksanakan bulan depan.

Demikian lah informasi 5 jalan rusak di Kabupaten Cirebon yang sempat menjadi sorotan publik. Diprediksi, masih banyak ruas jalan rusak lainnya yang belum terekspos di wilayah Kabupaten Cirebon dari wilayah Timur hingga ke Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: