Deteksi Penyakit Tidak Menular di Cirebon, Kesehatan Anak Muda Jadi Perhatian

Deteksi Penyakit Tidak Menular di Cirebon, Kesehatan Anak Muda Jadi Perhatian

UMC gelar Gebyar Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) di Aula Masjid Raya UMC, Jumat (17/3/2023).--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Implementasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas  haruslah diawali oleh kesehatan masyarakat yang prima. 

Sebab, tanpa masyarakat yang sehat, tidak akan tercipta SDM yang mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini.

Untuk itu, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat menjadi syarat yang mutlak, jika ingin menciptakan generasi unggul.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Rektor III Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Dr Wiwi Hartati saat menghadiri Gebyar Skrining Penyakit Tidak Menular (PTM) bersama Bupati Cirebon di Aula Masjid Raya UMC, Jumat (17/3/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 600 lebih pelajar dan mahasiswa se-Kabupaten Cirebon. Hadir pula Bupati Cirebon Drs Imron Rosyadi dan Sekretaris Dinkes Kabupaten Cirebon dr Edi Susanto.

BACA JUGA:Grand Talent Dukung Pemberdayaan Perempuan dan Anak Lewat Pemuda ICMI Kababupaten Cirebon

"Saya optimis generasi muda yang sehat akan membentuk SDM yang unggul. UMC berupaya sekuat tenaga agar anak didik kita ini harus sehat-sehat dan unggul juga prestasinya," ungkapnya.

Wiwi memandang kegiatan ini adalah salah satu ikhtiar mewujudkan generasi yang sehat. 

UCM mendukung Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon yang mendeteksi dini penyakit tidak menular sebagai langkah antisipatif untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada  sasaran. 

"Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. Dengan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang, maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin," ucapnya.

Menurut Wiwi, bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.

"UMC yang sudah 22 tahun ini, paling terdepan membendung berbagai hal-hal yang tak diinginkan agar tidak terjadi di seluruh mahasiswa UMC. Saya pastikan seluruh mahasiswa UMC tidak hanya cerdas SDMnya juga prima kesehatannya," pungkasnya.

BACA JUGA:Soal Muhammad Sabil Dipecat dan Kaitannya dengan Ridwan Kamil, Kang Maman: Gubernur Harus Tanggung Jawab

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: