Tasyakuran Hari Jadi Tamansiswa Cabang Cirebon ke-100

Tasyakuran Hari Jadi Tamansiswa Cabang Cirebon ke-100

TASYAKURAN. Tamansiswa Cabang Cirebon menggelar tayaskuran menyambut datangnya bulan Ramadhan sekaligus peringatan 100 tahun Tamansiswa Cabang Cirebon.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan sekaligus 100 tahun Tamansiswa   Cabang  Cirebon, menggelar Tasyakuran hari jadi Tamansiswa Cabang Cirebon ke 100 tahun.

Ketua Perguruan Tamansiswa  Cabang Cirebon,  Ki Djamhuri menjelaskan, bulan Juli merupakan bulan Tamansiswa, dan Tamansiswa Cabang Cirebon termasuk cabang tertua di Indonesia setelah Tamansiswa Di Yogyakarta.

"Jadi cabang pertama ada di Cirebon dan tahun ini Tamansiswa Cabang cirebon berusia 100 tahun," kata Djamhuri.
Setelah itu, kata Djamhuri  baru menyusul cabang yang lain.

Di Tamansiswa ada 5 bimbingan. Yakni bimbingan Subaria (Sumatera Barat Riau dan Aceh) sebanyak 33 cabang, bimbingan Sumselalu (Sumatera Selatan Lampung dan Bengkulu) sebanyak 17 cabang, bimbingan Jabar Jaya (Jawa Barat dan Jakarta Raya) ada 14 cabang,  Jateng dan DIY ada 32 cabang, Jawa Timur 25 cabang.

BACA JUGA:Ada Pembengkakan, Begini Kondisi Cedera Mohammad Ahsan Menurut Dokter PBSI

BACA JUGA:Marak Kenalpot Bising, Polres Majalengka Razia Motor di Seluruh Polsek

Total Se Indonesia 121 cabang. Disamping itu juga punya perguruan tinggi yakni UST (Universitas Sarjana Wiyata) Yogyakarta, Universitas Tamansiswa Padang, Universitas Tamansiswa Palembang, STIE Tamansiswa Jakarta, STIE Tamansiswa Banjarnegara.

Tamansiswa Cabag Cirebon, kata Djamhuri  berdiri pada tanggal 6 Juli 1923 dan merupakan cabang Tamansiswa tertua di Indonesia. Untuk Tasyakuran pada hari ini (kemarin) perguruan tamansiswa cabang Cirebon ingin membekali tentang  Ramadan, apa yanh perlu disiapkan menyambut bulan Ramadan, selama bulan Ramadhan.

Karenanya, Tasyakuran ini diikuti dari Bagian Taman Muda (SD Taman Siswa), Taman Dewasa (SMP Taman Siswa), Taman Madya (SMA Taman Siswa), Taman Madya Teknik (SMK Taman Siswa), Taman Madya Karya Ekonomi (SMK Taman Siswa Ekonomi) serta para pamong (guru). 

"Alhamdulillah semangat hadir di acara tasyakuran luar biasa pada hari ini," ungkapnya penuh bangga. Ketua Panitia, Alibassa SPd menjelaskan tayaskuran ini digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, berbagai persiapan menjelang Ramadhan termasuk pembekalan dalam bentuk ruhiah, sehingga menjalankan puasa Ramadhan kuat hingga satu bulan penuh.

BACA JUGA:Umroh dan Haji 2023 Dipastikan Terbang dari Bandara Kertajati, Menhub Cek Kesiapan

BACA JUGA:Tawarkan Konsep Revitalisasi Kota Tua Jamblang Universitas Kristen Maranatha Jajaki MoU dengan Pemkab Cirebon

Karena melibatkan bagian-bagian, kata Alibassa, maka kepanitiaan di acara tasyakuran Ramadhan juga melibatkan dari berbagai bagian. Selain tasyakuran, lanjut Alibassa, ini juga bagian dari peringatan 100 tahun Tamansiswa Cabang Cirebon.

Jika Tamansiswa pusat di Yogyakarta memperingati 100 tahun Tamansiswa tahun 2022, justru Tamansiswa Cabang Cirebon peringatan 100 tahun di tahun 2023, atau selisih setahun dengan Tamansiswa Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: