Sambut 1 Ramadan 1444 Hijriah, PCM Lemabahang Gelar Pengajian

Sambut 1 Ramadan 1444 Hijriah, PCM Lemabahang Gelar Pengajian

Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Lemahabang menggelar silaturahim dan pengajian menjelang ramadan.-istimewa-PCM Lemahabang

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Menyambut kedatangan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Lemahabang mengadakan silaturahim dan pengajian.

Kegiatan penyambutan bulan suci Ramadan 1444 Hijriah ini berlangsung di Aula Komplek Perguruan Muhammadiyah Lemahabang, Senin 20 Maret 2023.

BACA JUGA:Pebalap Binaan DAM Cetak Poin di Putaran Pertama OnePrix 2023

Menurut Ketua PCM Lemahabang, Isa Ansori SPd, silaturahim dan pengajian menjelang bulan suci Ramadan adalah kegiatan rutin, agar dalam memasuki bulan penuh berkah nanti, sudah siap secara spiritual.

“Sebelum Ramadan, kita selalu agendakan silaturahim dan pengajian ini, biar ketika bulan puasa tiba, hal-hal yang harus diamalkan bisa dilaksanakan,” tuturnya.

Para peserta pengajian ini tidak hanya dihadiri para guru di perguruan Muhammadiyah Lemahabang. Tapi, semua komponen organisasi hadir. “Aisyiyah, guru, karwayan dan lain-lain hadir,” sebutnya.

BACA JUGA:Korban Pelecehan Guru Ngaji di Cirebon 16 Tahun yang Lalu Buka Suara, Begini Kata Selly Gantina

Untuk kegiatan rutin di bulan Ramadan 1444 Hijriah nanti, seperti biasa PCM akan mengadakan solat tarawih berjamaah di tiap-tiap masjid dan musola Muhammadiyah.Kemudian, tadarus Al-Qur’an ba’da solat tarawih.

Selain itu, ada kegiatan sosial pada pertengahan Ramadan dan pengajian menjelang akhir bulan puasa.

“Pangajian penutupan Ramadan juga akan digelar dan yang terakhir solat idulfitri 1 Syawal 1444 Hijriyah di lapangan terbuka,” terangnya.

BACA JUGA:40 Panwascam Tandatangani Fakta Integritas

Isa Ansori berpesan, warga Muhammadiyah harus menyambut bulan Ramadan ini dengan penuh keikhlasan.

Selanjutnya, bulan yang penuh berkah tersebut bisa diisi dengan segala kegiatan ibadah dan bersikap lebih baik dalam sosial kemasyarakatan.

“Insya allah, kami memulai ibadah puasa Ramadan dilaksanakan pada hari Kamis 23 Maret 2023,” pungkasnya.

Perlu diketahui, PP Muhammadiyah dalam menetapkan 1 Ramadan yang jatuh pada 23 Maret 2023 itu berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid.

BACA JUGA:Berbagai Event, SD Islam Al Azhar Berhasil Boyong Juara

"Umur bulan Syakban 1444 Hijriah 30 hari dan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis Pon, 23 Maret 2023 Masehi," demikian bunyi surat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Surat Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah tersebut ditandatangani Wakil Ketua dan Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Oman Fathurahman dan Mohammad Mas'udi.

PP Muhammadiyah memandang pada Selasa 21 Maret 2023 ijtimak jelang Ramadan 1444 Hijriah belum terjadi. Ijtimak terjadi esok harinya pada Rabu 22 Maret 2023 pukul 00:25:41 WIB.

BACA JUGA:Walikota Nashrudin Azis Mundur Karena Caleg, Apakah Eti Herawati Otomatis Jadi Walikota

Muhammadiya juga menetapkan 1 Syawal atau hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat Pahing atau 21 April 2023 Masehi.

"Tanggal 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada hari Jumat Pahing, 21 April 2023 Masehi," demikian Muhammadiyah. (jun)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase