Disdukcapil Lakukan Aktivasi IKD di Kelurahan Kecapi

Disdukcapil Lakukan Aktivasi IKD di Kelurahan Kecapi

Aktivasi IKD di kelurahan Kecapi-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sejak awal tahun sudah memulai aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) walaupun ruang ya masih terbatas di pelayanan Disdukcapil, tapi mulai pertengahan Maret 2023.

Disdukcapil mulai jemput bola langsung ke masyarakat melayani aktivasi IKD, seperti yang dilakukan Disdukcapil Kota Cirebon menerjunkan petugas kan ya melakukan Aktivasi IKD warga kelurahan kecapi, di aula kelurahan kecapi Kecamatan Harjamukti.

Kepala Disdukcapil Kota Cirebon, Drs H Atang H Dahlan MSI kepada Radar menjelaskan, Disdukcapil mulai bulan Maret 2023 langsung terjun ke masyarakat melayani aktivasi IKD kepada warga masyarakat.

Apalagi target nasional maupun target tingkat kota Cirebon, kata  Atang, 25 persen warga yang ber-ktp harus sudah ber IKD hingga akhir tahun ini.

BACA JUGA:662 Guru SMK Belajar Motor Listrik Bareng AHM

BACA JUGA:Lanjutkan Penghijauan, Epson Indonesia Tanam 6000 Pohon dan Rehabilitasi Nangrove

Dan Kota Cirebon hingga akhir tahun 2023hatus tercapai sekitar 67 ribu warga berKTP harus ber IKD dari total 268 ribu warga kota Cirebon yang ber-KTP. "Hari ini kami melakukan jemput bola aktivasi IKD ke kelurahan Kecapi," terangnya.

Agenda jemput bola ini menurut Atang, akan terus dilakukan ke warga masyarakat, baik pada hari efektif kerja maupun hari libur.

Untuk itu, petugas Disdukcapil senantiasa berkoordinasi kepada lurah, RW hingga RT untuk menginformasikan kepada warganya untuk melakukan aktivasi IKD sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

"Kita akan terus gencar keliling dari kelurahan ke kelurahan," terangnya. Bagi Atang, memiliki IKD membuat warg lebih mudah dan tidak perlu repot lagi membawa dompet berisi KTP, kartu BPJS kesehatan, kartu vaksin, Kartu Keluarga hingga Kartu Identitas anak (KIA) karena sudah ada dalam IKD.

BACA JUGA:Geger Postingan Ridwan Kamil Soal Proyek Jalan Rusak, Netizen: Mohon Dimaafkan

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Danrem 063/SGJ Bagikan Paket Sembako dari Kasad kepada Warga

"Identitas kependudukan cukup dalam genggaman handphone," ujarnya. Maka dari itu, kepada masyarakat yang ingin ber IKD ketika kelurahannya mendapatkan jadwal IKD maka bisa datang ke kelurahan, cukup membawa handphone android dan menyampaikan alamat email, maka langsunh diproses petugas khusus input IKD. 

Pihaknya menegaskan pembuatan IKD ini harus pemilik KTP dan tidak bisa diwakilkan, karena dalam proses input data nantinya ada swafoto dan swafoto harus pemilik KTP yang asli. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: