Bupati Cirebon Resmikan Ground Breaking Politeknik Siber Cerdika Internasional atau SCI

Bupati Cirebon Resmikan Ground Breaking Politeknik Siber Cerdika Internasional atau SCI

Ceremony Ground Breaking Politeknik SCI yang dihadiri oleh Kepala LLDIKTI IV Jabar & Banten, Bupati Cirebon, dan tokoh masyarakat lainnya yang berlokasi di pembangunan kampus Politeknik SCI, Panambangan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (22/3).-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

Sehingga tak hanya akan maju di Indonesia namun juga dunia. Desa Panambangan akan menjadi saksi hadirnya Poltek SCI sebagai kemajuan pendidikan di era baru.

"Side plan Poltek SCI sangat menunjang ekosistem untuk memiliki lulusan terbaik yang ahli di bidangnya dan bisa lulusan dengan memiliki perusahaan sendiri," terangnya.

Poltek SCI nantinya akan dilengkapi dengan learning area sebagai tempat mahasiswa belajar. Kemudian ada Start Up Area dimana mahasiswa bisa merintis usaha baru, kemudian Knowladge Area yang diperuntukan bagi mahasiswa untuk menambah kemampuan sesuai skill.

Tak ketinggalan ada Business Area sebagai tempat mahasiswa praktik bisnis secara langsung, dan disediakan Inkubator Business Area yakni tempat mahasiswa untuk meluncurkan bisnisnya.

"Untuk menopang itu, Poltek SCI menyiapkan lembaga sertifikasi profesi untuk membuat mahasiswa ahli di bidangnya, mereka akan lulus dengan memiliki 13 Sertifikat Kompetensi yang terkomfirmasi BNSP," terangnya.

Lanjutnya, dengan tujuan membukan desa pendidikan, Poltek SCI juga memiliki program unggulan Pembangunan Pedesaan Ekonomi Masyarakat (PPEM).

Program ini merupakan prodi yang khusus berbicara soal desa, bagaimana membangun pedesaan dan ekonomi pedesaan.

Sehingga diharapkan dapat menjadi kontribusi nyata untuk kemajuan desa Panambangan.

Perlu diketahui, menurut data Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, hingga 2021 pendidikan kuwu di Kabupaten Cirebon sebanyak 60% tidak menempuh pendidikan perguruan tinggi, sebanyak 30% merupakan lulusan SMP dan SMA, dan 10% hanya lulusan SD.

"Dengan program PPEM ini kami berharap dapat meningkatkan kapabilitas di desa Panambangan, untuk menunjang program kuwu agar lebih baik lagi dengan SDM yang baik," harapnya.

Selain itu, Poltek SCI juga sudah mendirikan dua prodi lainnya yakni Bisnis Digital dan prodi Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan (TRKJ).

Dalam acara grund breaking tersebut, selain memperkenalkan Poltek SCI, pihaknya juga turut memberikan hibah berupa 50 website untuk pesantren dan 50 paket pelatihan pengelolaan media sosial untuk sekolah di bawah naungan  Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama.

Sementara itu, Bupati Cirebon, Drs H Imron Rosyadi MAg turut bangga dan mengapresiasi hadirnya Poltek SCI di desa Panambangan , Sedong, Cirebon, Sedong merupakan salah satu daerah yang memiliki alam untuk pariwisata di kabupaten Cirebon.

Aksesnya cukup jauh untuk dijangkau, namun ia yakin dengan adanya teknologi dan hadirnya Poltek SCI kini sebentar lagi banyak orang yang akan hadir ke wilayan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: