Urai Kemacetan Saat Arus Mudik Lebaran 2023, Menhub Usul Cuti Bersama Mulai 19 April 2023

Urai Kemacetan Saat Arus Mudik Lebaran 2023, Menhub Usul Cuti Bersama Mulai 19 April 2023

Arus balik 2023 diprediksi jatuh pada Minggu 30 April 2023. Ilustrasi foto:-Dokumen-Radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Diprediksi animo masyarakat untuk mudik ke kampung halaman di momen Lebaran 2023 cukup tinggi.

Animo mudik yang tinggi ini harus diimbangi dengan kebijakan pemerintah, khususnya dalam hal penempatan waktu cuti bersama.

BACA JUGA:Pebalap Astra Honda Optimis Tampil Dominan di Asia

Maka, ada usulan dari Menteri Perhubungan agar waktu cuti bersama ditambah, demi efektifitas penanganan mudik Lebaran 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan agar cuti bersama Lebaran 2023 menjadi 19 April 2023.

Budi menuturkan, dengan perubahan ini, cuti bersama menjelang Lebaran akan diberlakukan mulai tanggal 19-20 April dan berakhir pada 25 April 2023.

BACA JUGA:Operasi Ketupat 2023 Dimulai H-7 Lebaran, Inilah yang Sedang Disiapkan Polri

"Tadi ada keputusan Bapak Presiden berkaitan dengan cuti bersama, kalau sekarang itu cutinya sesuai dengan SKB 3 menteri dari tanggal 21 sampai tanggal 26.”

“Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari. Jadi mulai dari 19 mulai libur, 20 libur, tapi masuknya 26, jadi tambah 1 hari, tapi di depan maju dua hari," ujar Budi dalam konferensi pers, Jumat 24 Maret 2023.

Budi mengatakan usul untuk memajukan cuti bersama lebaran umat Islam itu juga telah disepakati Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA:Jangan Usul Formasi CPNS & PPPK 2023 Jika Tak Punya Kekuatan Fiskal, Apa yang Dimaksud Menpan-RB?

"Kami tadi bersama-sama Kapolri mengusulkan liburnya maju dua hari, jadi mulai tanggal 19 sudah libur, 20 sudah libur, tapi masuknya 26," imbuh dia.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan alasannya yaitu karena tingkat keinginan mudik dikalangan masyarakat sangat tinggi.

BACA JUGA:Suzuki Victorious Contest, Ajang Kompetisi Suzuki untuk Tingkatkan Kualitas SDM Hingga Kualitas Layanan Dealer

"Itu alasannya apa? karena secara tradisional keinginan akan mudik ini tinggi sekali dengan volume yang banyak dan kalau dilihat itu tertuju hanya tanggal 21, maka terjadi penumpukan yang luar biasa sehingga dengan dimajukan itu pemudik bisa mulai dari tanggal 18 sore, 19, 20 21, ada empat hari mereka mudik," ujar Budi.

"Sedangkan balik itu mereka harus pulang hari Rabu, tapi bagi mereka yang berkeinginan melakukan cuti lebih panjang bisa sampai tanggal 30, sampai tanggal 1, itu satu keputusan yang tadi diambil diskusi yang cukup efektif ya," imbuhnya. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase