Sukses Gelar Gebyar Sains 2023, Prodi Pendidikan IPA UMC Siapkan Pelajar Berbakat Hadapi OSN

Sukses Gelar Gebyar Sains 2023, Prodi Pendidikan IPA UMC Siapkan Pelajar Berbakat Hadapi OSN

Gebyar Sains Literasi Sains berhasil digelar Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) sukses menggelar Gebyar Sains Literasi Sains Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila 2023, pada Kamis lalu (16/3/2023).

Kegiatan yang didukung oleh Himpunan Mahasiswa (HIMA) IPA UMC ini melibatkan ratusan pelajar pelajar SMP Se-Kabupaten cirebon. Melalui Gebyar Sains ini, pelajar berbakat Kabupaten Cirebon diyakini menorehkan prestasi di Olimpiade Sains Nasional (OSN).

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pendidikan IPA Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) Rinto mengatakan, tingkat soal-soal olimpiade pastinya sangat sulit, dan bahkan beberapa soal dibuat dengan level yang lebih tinggi dari jenjang pendidikan para peserta.

"Misalnya untuk olimpiade Sains tingkat SMP, sejumlah soal biasanya berasal dari materi yang lebih kompleks, begitu juga seterusnya. Hal ini sudah menjadi rahasia umum. Dan untuk itu para peserta olimpiade sains seringkali harus mempelajari materi di atas tingkatannya. Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon dan Tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Se-Kabupaten Cirebon, kami pun bisa menyelenggarakan acara ini,"katanya kepada radarcirebon. com, Jumat (24/3/2023).

BACA JUGA:Cuaca di Cirebon Terkini, BMKG: Masa Peralihan Musim

BACA JUGA:Diperpanjang, Inilah Tahapan Verifikasi dan Validasi Administrasi PPG Guru

Rinto juga mengucapkan selamat kepada para pelajar yang menjadi juara.

"Dari Gebyar Sains ini, kami mengucapkan selamat kepada pelajar yang mencatatkan sebagai sang juara. Mereka adalah Adi Nugraha meraih juara 1 dari SMPN 1 Weru, Ghina Ghassani meraih juara 2 dari SMPN 1 Kedawung. Dan Nawaf Hazim Robani meraih juara 3 dari SMP 1 Gegesik," ucapnya.

Rinto mengakui jika proses pendidikan pada hakikatnya berfokus pada kegiatan belajar mengajar.

"Dalam mengajar, keterbatasan waktu  guru yang harus membimbing siswa dengan menyediakan situasi, kondisi, dan strategi pembelajaran menjadi tantangan tersendiri. Kendati demikian, tantangan itu justru menjadi nutrisi semangat bagi Prodi Pendidikan IPA UMC untuk membantu Guru IPA dalam menyiapkan pelajar Se-Kabupaten Cirebon agar bisa berlaga di OSN tingkat nasional bahkan internasional,"ujarnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia vs Burundi, Shin Tae Yong: Saya Baru Tahu Ada Negara Itu

BACA JUGA:Jumat Pertama Ramadhan, Israel Batasi Warga Palestina Masuki Masjid Al-Aqsa

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Cirebon H Ronianto mengapresiasi Prodi Pendidikan IPA UMC atas penyelenggaraan Gebyar Sains di 2023 ini.

"Saya berharap kegiatan ini dapat mengantarkan peserta didik meraih prestasi gemilang di OSN. Saya optimis hajatan ini juga merupakan bagian penting dalam memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh SMP Kabupaten Cirebon menghadapi OSN,"tuturnya.

Ketua MGMP Kabupaten Cirebon  H Ruslani menyebutkan bahwa upaya Prodi IPA UMC dalam menyukseskan lahirnya siswa berbakat di OSN perlu diapresiasi.

"IPA merupakan salah satu pembelajaran yang dapat memberikan siswa akses untuk berkembang menjadi manusia yang memiliki kualitas serta mampu aktif dalam menjawab perkembangan zaman. Keberhasilan suatu program tentunya membutuhkan bantuan dan dukungan dari banyak pihak yang mempengaruhinya baik secara langsung maupun tidak langsung,"sebutnya.

Perlu diketahui, kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari Rektor UMC Arif Nurudin, Warek 1 UMC Nana Trisovelna,  Warek II UMC Badawi, Warek III UMC Wiwi Hartati, Dekan FKIP UMC Dewi Nurdiyanti dan Wadek FKIP UMC Norma Bastian. (rdh)

BACA JUGA:Yeah! FIFA Resmi Luncurkan Lagu Resmi Piala Dunia U-20 Gandeng Weird Genius

BACA JUGA:Pembagian THR Lebih Cepat, Aktivitas Bisa Mudik Lebih Awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: