Nafas Berbunyi Tanda Sumbatan Saluran Napas

Nafas Berbunyi Tanda Sumbatan Saluran Napas

dr Ali Hanafiah Sp.P--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - SALURAN napas merupakan sistem organ tubuh yang menjadi pintu masuk oksigen ke dalam tubuh. Oksigen akan digunakan oleh sel-sel tubuh dalam menghasilkan energi bagi tubuh kita.

Oleh sebab itu, gangguan pada saluran napas akan menjadi hal yang cukup serius bagi kelangsungan hidup sel-sel tubuh karena sel tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Berbagai gangguan dapat terjadi di saluran napas, salah satunya sumbatan.

Bentuk sumbatan saluran napas yang sering terjadi adalah PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis). Apa itu sebenarnya PPOK?

Definisi:
PPOK merupakan suatu penyumbatan menetap pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh peradangan dan gangguan pada kantung udara yang bersifat menahun.Karakteristik penyakit ini adalah adanya keterbatasan aliran udara yang masuk ke saluran napas yang bersifat progresif dan menetap. PPOK merupakan akibat dari adanya gangguan pada saluran pernapasan dalam waktu yang cukup lama.

BACA JUGA:Dana Rp381 Miliar BOP untuk 28 Ribu Lebih Raudlatul Athfal Segera Dicairkan

BACA JUGA:Pertamina Revinery Unit VI Balongan Terbuka Terhadap Aspirasi Buruh

Penyebab dan faktor risiko:

Penyebab terjadinya PPOK adalah kerusakan kantong udara oleh respon peradangan yang terjadi menahun. Merokok masih menjadi faktor risiko utama pada PPOK.

Sejumla zat iritan dalam rokok akan memicu peradangan saluran nafas yang dalam waktu lama respon peradangan tersebut akan memicu rusaknya kantung udara. Baik perokok aktif maupun perokok pasif memiliki risiko untuk lebih mudah terjadinya PPOK.

Selain rokok, polusi udara dan asap bekas industri juga dapat memicu PPOK. Udara yang tidak baik juga dapat bersifat iritatif terhadap saluran napas.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan masker bagi individu yang mudah terpapar oleh polusi udara. Faktor risiko lain seperti genetik, riwayat infeksi saluran napas berulang juga dapat memicu terjadinya PPOK.

BACA JUGA:Pelaku Tusuk Teman Minumnya di Tanah Abang Ditangkap, Motifnya Sakit Hati

BACA JUGA:PLN Komitmen Wujudkan Proyek PLTA Cisokan

Tanda dan gejala:

1. Sesak napas
Salah satu gejala yang paling umum dirasakan adalah sesak napas. Sesak napas terjadi karena jalan masuknya udara akan menyempit pada PPOK, sehingga paru berusaha lebih keras untuk meningkatkan laju napas demi memenuhi kebutuhan oksigen di tubuh.

2. Napas berbunyi
Bunyi “ngik” pada napas penderita PPOK biasanya terjadi saat pasien menghembuskan napas, hal ini disebabkan aliran udara sulit keluar melalui celah yang sempit sehingga menghasilkan bunyi.

3. Batuk berulang
Adanya proses peradangan pada penderita PPOK, menyebabkan saluran napas memproduksi lebih banyak lendir. Hal ini membuat penderita akan merasakan keluhan batuk yang produktif dan berulang
Tiga gejala di atas merupakan gejala yang lazim pada penderita PPOK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: