Catat Nih Jadwalnya! Bank Indonesia Sudah Mulai Buka Gerai Penukaran Uang Pecahan Kecil

Catat Nih Jadwalnya! Bank Indonesia Sudah Mulai Buka Gerai Penukaran Uang Pecahan Kecil

Kepala KPw BI Cirebon Hestu Wibowo memberikan keterangan pers, Senin 27 Maret 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Guna memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 H, mulai Senin 27 Maret 2023 hingga Kamis 20 April 2023, Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala KPw BI Cirebon Hestu Wibowo kepada radarcirebon.com usai melepas sejumlah mobil penukaran di Kantor KPw BI Cirebon, Senin 27 Maret 2023.

BACA JUGA:Hendak Edarkan Petasan ke Kota Cirebon, 2 Warga Susukan Diamankan Polsek Utbar

"Ada 5.066 titik layanan penukaran uang di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) layanan penukaran uang pecahan kecil bagi masyarakat ada di 136 titik layanan," ungkapnya.

Dalam memenuni kebutuhan masyarakat di wilayah Ciayumajakuning, menurut Hestu, KPw Bank Indonesia Cirebon menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,74 triliun untuk layanan penukaran di perbankan.

BACA JUGA:FIFA Surati Indonesia Soal Pembatan Piala Dunia U-20 2023, PSSI: Kami Cari Solusi Terbaik

"Nominal proyeksi tersebut sedikt menurun dari tahun 2022 sebesar Rp4 triliun, yang disebabkan penurunan Proyeksi kebutuhan Uang Pecahan Besar (LPB) dari Rp3,44 trilun menjadi Rp2,95 triliun.”

“Adapun, untuk proyeksi kebutuhan Uang Pecahan Kecil (UPK) seperti Rp5 ribu, Rp10 ribu hingga Rp20 ribuan tercatat meningkat dari realisasi Rp0,57 triliun menjadi Rp0,79 triliun," ujarnya.

BACA JUGA:Sunjaya Purwadisastra Suplay Uang ke Oknum Kemendagri Demi Memuluskan Rencana Ini

Sementara itu di luar 136 titik layanan penukaran uang di perbankan, Hestu mengatakan, mulai Senin 27 Maret 2023 hingga Selasa 18 Maret 2023, KPw Bank Indonesia Cirebon juga menyediakan layanan penukaran uang melalui mobil kas slkelling di pusat keramaian.

"Kemudian pada tanggal 10 hingga 18 April 2023, Bank Indonesia Cirebon bekerja sama dengan perbankan wilayah Cirebon akan melakukan layanan kas keliling bersama di Grage Mall, rest area Tol Cipali dan beberapa pasar di wilayah Ciayumajakuning.”

“Khusunya untuk penukaran di kas keliling masyarakat diharapkan memesan penukaran terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR," katanya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase