Hari Ini Serentak Balita Kota Cirebon Divaksin Polio

Hari Ini Serentak Balita Kota Cirebon Divaksin Polio

Pekan imunisasi nasional ini digelar mulai 3 April 2023-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kejadian Luar Biasa (KLB) di Kabupaten Purwakarta karena  ditemukan Balita menderita penyakit polio, membuat Pemerintah menggalakkan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio. pelan imunisasi ini digelar mulai tanggal 3 April 2023. Untuk kota Cirebon, sebanyak 23 Ribu balita akan mendapatkan vaksinasi polio.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Dr Hj Siti Maria Listiawaty kepada Radar mengakui Kota Cirebon terhitung mulai tanggal 3 April akan menggelar vaksinasi polio serentak untuk balita yang ada di Kota Cirebon.

Vaksinasi ini, kata Maria, dimulai tanggal 3 April 2023 selama sepekan, setelah itu ditambah 5 hari sweeping. Jadi mulai tanggal 3 April hingga 9 April 2023, kemudian ditambah lagi 5 hari sweeping mulai tanggal 10 -14 April 2023.

Lebih jauh Maria menjelaskan, program ini sebenarnya Sub Pin Polio, penyebabnya karena ditemukan di kabupaten Purwakarta ada balita terkena penyakit polio, dan dari riwayat balita tersebut ternyata selama ini orang tuanya tidak pernah membawa anaknya untuk di vaksin.

BACA JUGA:Simpan Kendaraan Pribadi, Waktunya Mudik dengan Kereta Api

BACA JUGA:Beckham Dipanggil Timnas Indonesia, Disiapkan Menuju Sea Games 2023

Sedangkan dampak penyakit polio itu cacat permanen seumur hidup dan tidak bisa disembuhkan. Atas kejadian tersebut, akhirnya ditetapkan Kejadian Luar Biasa (KLB) di Jawa Barat, dan digalakkan Sub PIN Polio serentak.

"Ini kejadian luar biasa pasca ditemukan kasus polio di Purwakarta," terangnya. Kejadian itu sebelumnya pernah terjadi di Aceh, tapi dengan digencarkan vaksinasi akhirnya di Aceh bisa tertanggulangi.  Begitu juga dengn kejadian di Purwakarta, secara nasional khususnya di jawa barat digalakkan Sub PIN polio, untuk Kota Cirebon rencananya petugas akan mendatangi Posyandu di kota Cirebon, termasuk fasilitas pendidikan lainnha seperti play grup, day care, TK dan lain-lain.

Petugas akan menyisir balita yang belum mendapatkan PIN Polio. "Kami akan sisir seluruh balita di Kota Cirebon untuk di vaksin polio," tegasnya. Menurut Maria, jumlah balita di Kota Cirebon yang akan  divaksin polio jumlahnya sekitar 23 ribu.

Bahkan ketika ada balita dari luar Kota Cirebon maka petugas vaksin siap untuk memvaksin balita tersebut.

BACA JUGA:Longsor di Kuningan, Begini Solusi Bupati Acep untuk Warga Gunung Aci dan Situgede

BACA JUGA:Komentar Gregoria Mariska Usai Kalahkan Pusarla Sindhu Lalu Juara Spain Masters 2023

"Seluruh balita tidak hanya kota Cirebon, dari luar kota juga boleh mendapatkan vaksin polio secara gratis," terangnya. Pihaknya berharap kepada orang tua untuk bisa membawa balitanya ke Posyandu atau fasilitas kesehatan seperti puskesmas untuk mendapatkan vaksin polio, Maria menegaskan penyakit polio itu berbahaya bagi anak karena menyebabkan cacat seumur hidup dan tidak bisa disembuhkan.

Untuk itu pentingnya pencegahan secara dini melalui vaksinasi polio. Kalaupun ada masyarakat yang masih belum sadar akan pentingnya polio, pihaknya akan melakukan pendekatan secar persuasif, karena ini demi keberlangsungan putra putri mereka kelak ketika sudah dewasa, jangan sampai menyesal dikemudian hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: