Pertemuan Tol Cipali dan Cisumdawu saat Mudik di KM 152, Berpotensi Macet, Begini Cara Mengatasinya

Pertemuan Tol Cipali dan Cisumdawu saat Mudik di KM 152, Berpotensi Macet, Begini Cara Mengatasinya

Tol Cisumdawu. Foto:-@majalengkaviral-Instagram

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Tol Cisumdawu mulai beroperasi pada 15 April 2023 dan akan digunakan sebagai salah satu jalur mudik.

Dengan demikian, akan terjadi potensi kepadatan pada pertemuan arus pemudik dari Jakarta yang melwati Tol Cipali dengan gelombang pemudik dari Bandung yang lewat Cisumdawu.

Pertemuan Tol Cisumdawu dan Tol Cipali ini ada di KM 152. Astra Tol Cipali sudah mengantisipasi potensi kepadatan lalu lintas tersebut.

Kepala Departemen Traffic & Security ASTRA Tol Cipali, Prayogi Setyo Utomo menjelaskan, untuk mengatasi kepadatan lalu lintas akan dipasang barrier sepanjang 300 meter.

“Arus lalu lintas dari Cisumdawu ke Cipali akan bertemu di kilometer 152, agar menghindari konflik lalu lintas dengan yang dari arah Jakarta,” tuturnya kepada radarcirebon.com.

“Maka akan dipasang barrier sepanjang 300M sehingga arus lalu lintas dari arah Cisumdawu akan berjalan di bahu jalan tidak langsung menutup lajur dari arah Jakarta,” imbuh Prayogi dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA:Wahai Pencinta Vespa, Sebelum Mudik Lakukan Pengecekan PADS Terlebih Dahulu

BACA JUGA:Tol Cisumdawu dan Tol Cipali Tersambung Lebaran, Bisa Dipakai Mudik

BACA JUGA:Hadapi Mudik Lebaran, BSI Siapkan Uang Tunai Rp 37,6 Triliun

Potensi kepadatan kendaraan dari arah Jakarta juga diprediksi bakal terjadi di sekitar Rest Area. Terutama Rest Area KM 166 Tipe A yang menjadi favorite pengguna tol.

Nah, menurut Prayogi, pihak pengelola telah menyiapkan skenario untuk menghindari kepadatan yang terlalu parah sehingga mengganggu pemudik.

Prayogi menjelaskan, pengguna Tol dari arah Jakarta akan melewati 4 rest area yakni di KM 86, 102, 130 dan 166. 

“Apabila nantinya rest area KM 166 menjadi titik perlambatan arus lalu lintas karena penuh atau padat, maka akan disiagakan Contra Flow dari kilometer 152 sampai dengan 167 agar konsentrasi lalin satu titik terpecah dan lancar,” jelasnya.

Prayogi memastikan, sejauh ini tidak ada penambahan rest area di Tol Cipali. Termasuk pada saat mudik Lebaran 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: