Sandiaga Uno Dorong Santri Jadi Pengusaha Ekraf, Pemkab Cirebon Siap Bantu

Sandiaga Uno Dorong Santri Jadi Pengusaha Ekraf, Pemkab Cirebon Siap Bantu

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih saat berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Rabu 5 April 2023.-Istimewa-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, mengajak para santri, untuk menggeluti usaha keonomi kreatif yang saat ini sedang berkembang.

Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Nurul Huda, Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Sandi mengajak para santri, untuk terlibat dalam usaha kreatif berbasis digital. Salah satunya, yaitu menjadi konten kreator.

BACA JUGA:AG Terdakwa Penganiayaan Berencana David Ozora Dituntut 4 Tahun Penjara

Menurut Sandi, santri bisa membuat berbagai macam konten terkait keagamaan, seperti konten terkait akhlakul karimah dan Islam rahmatan lil alamin.

"Selain santri itu kuat agamanya, akan kita perkuat juga digitalisasinya," ujar Sandi di Cirebon, Rabu 5 April 2023.

Sandi juga berharap, ketika para santri bisa membuka usaha ekonomi kreatif, maka santri ketika keluar dari pesantren, bukan hanya mencari lapangan kerja, tapi juga membuka lapangan kerja.

BACA JUGA:Ini Dia! Ruas Jalan di Kabupaten Cirebon yang Bakal Diperbaiki

Menurut Sandi, moment arus mudik dan arus balik, harus benar-benar dimanfaatkan oleh para pengusaha ekonomi kreatif. Apalagi kata Sandi, Cirebon ini bakal dilintasi oleh jutaan pemudik nanti.

"Harus bisa menangkap peluang dan bisa membuka lapangan kerja baru," kata Sandi.

Sementara itu, Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih, siap mendukung program yang akan dilaksanakan oleh Menparekraf kepada para santri.

BACA JUGA:Ridwan Kamil: Tidak Boleh ada THR yang Dicicil

Menurut Ayu, kalangan muda saat ini, memang lebih condong memilih bekerja menjadi wiraswasta. Sedangkan sebelumnya, hampir semuanya memiliki orientasi untuk menjadi PNS.

Pemerintah Kabupaten Kabupaten Cirebon ujar Ayu, akan membantu dalam merealisasikan program ekonomi kreatif tersebut. Pihaknya siap memfasilitasi pelatihan untuk UMKM, membabtu proses perizinan usaha dan pengembangan usaha.

"Sejumlah dinas terkait, memiliki program untuk pengembangan ekonomi kreatif. Pemda Kabupaten Cirebon siap membantu," kata Ayu. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase