Mudik Lewat Cisumdawu, Mampir Rest Area Ini, Banyak Produk UMKM Sumedang

Mudik Lewat Cisumdawu, Mampir Rest Area Ini, Banyak Produk UMKM Sumedang

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bupati Sumedang saat meninjau pembangunan Tol Cisumdawu.--

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM -- Tol Cisumdawu dipastikan bisa dilewati untuk arus mudik Lebaran 1444 H.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wakapolda Brigjen Pol Bariza Sulfi dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir beserta jajaran CKJT sudah memonitor pembangunan Tol Cisumdawu. 

Rombongan bergerak dari Kantor CKJT yang berada di Exit Tol Sumedang Kota menelusuri Pembangunan Tol Cisumdawu Tahap Empat yang berada di Conggeang. 

Gubernur Ridwan Kamil dalam keterangnya mengatakan, Tanggal 15 April 2023 Tol Cisumdawu sudah bisa tembus ke arah Tol Cipali sehingga sudah bisa digunakan. 

"Jadi berita baiknya Tol Cisumdawu sudah tembus ke Tol Cipali hanya masih bersifat satu arah," kata Gubernur. 

"Masyarakat yang mau ke arah Jakarta ke kiri masih boleh dan ke kanan ke arah Cirebon. Mulai satu arahnya dari Exit Tol Cimalaka menuju ke arah Tol Cipali," ucapnya.

BACA JUGA:Ada Penjualan Motor Listrik dan Voucher Volta pada Aplikasi Livin’ By Mandiri

BACA JUGA:Mau Mudik yang Lebih Aman dan Nyaman? Pastikan Mobil Kamu Punya Fitur Ini

Dikatakan Gubernur, setelah tanggal 18 April 2023 ruas jalan ke arah Jakarta akan ditutup, karena tol Cipali pun disatuarahkan dari arah Jakarta sehingga satu arah menuju Cirebon dan ke Jawa Tengah. 

"Nanti di arus balik pun juga sama. Satu arah yang mau ke priangan, Sumedang, Bandung belok kiri ke arah Tol Cisumdawu. Nanti di Cimalaka bisa dua arah lagi," tuturnya. 

Sesuai arahan dari Menteri PUPR, Gubernur berharap di bulan Mei 2023, Tol Cisumdawu 100 persen sudah bisa berfungsi. 

"Mungkin bulan Juni diresmikan oleh Presiden. Ini perjalanannya panjang sekali, 13 tahun dari proses gagasan, perencanaan, pembebasan dan diakselerasi di lima tahun terakhir," ujarnya. 

Dalam pelaksanaannya, lanjutnya, banyak upaya percobaan dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan di lapangan mengingat medannya yang luar biasa. 

"Kita bisa lihat di lapangan kondisi geologisnya luar biasa sehingga banyak eksperimen teknologi dilakukan sebagai solusi untuk kelancaran pembangunan," ucapnya.

BACA JUGA:Detik-detik Anas Urbaningrum Keluar dari Lapas Sukamiskin, Gede Pasek: Anas Korban Kriminalisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: