Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon Terapkan Kurikulum yang Aplikatif dengan Dunia Kerja

Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon Terapkan Kurikulum yang Aplikatif dengan Dunia Kerja

SERBA BISA: Mahasiswa Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon menguasai kemampuan berbahasa asing, kemampuan teknologi dan enterpreneurship atau kewirausahaan. -istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perguruan tinggi, saat ini menghadapi tantangan yang tidak mudah. Dinamika di dunia kerja yang berkembang pesat, mengharuskan perguruan tinggi untuk berinovasi. Salah satunya untuk merancang kurikulum yang adaptif dengan dunia kerja dan industri.

Kepala Program Studi Sastra Inggris IPB Cirebon, Juwintan SS MHum mengatakan, saat ini, perguruan tinggi tidak cukup membekali mahasiswa dengan satu kompetensi saja. Mahasiswa juga harus memiliki sejumlah kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja dan industri.

"Kami di Prodi Sastra Inggris telah menerapkan kurikulum yang aplikatif dengan dunia kerja. Kompetensi yang kami bekali kepada mahasiswa itu, memang yang benar benar dibutuhkan oleh dunia kerja dan industri saat ini," ungkap Intan Kepada Radar Cirebon.

Menurut Intan, Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon tidak saja membekali mahasiswa untuk menguasai aspek bahasa dan budaya nasional maupun internasional saja. Mahasiswa Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon juga harus menguasai kemampuan berbahasa asing, kemampuan teknologi dan enterpreneurship atau kewirausahaan.

BACA JUGA:Disnaker Berhasil Pulangkan PMI Ilegal

BACA JUGA:Pelaku Penipuan QRIS 38 Masjid Itu Bukan Orang Sembarangan, Bergelar S2

"Materi yang ada dalam mata kuliah, memang sengaja dirancang untuk supaya mahasiswa dapat menguasai kemampuan kemampuan tersebut," bebernya.

Selain melalui materi perkuliahan, Intan menjelaskan, pihaknya juga telah melakukan kerja sama dengan sejumlah pihak, baik dengan mitra pemerintah maupun dengan perusahaan swasta.

Selain itu, Prodi Sastra Inggris juga telah menjalin kerja sama dengan mitra internasional. Hal ini, kata Intan memungkinkan para mahasiswa Sastra Inggris untuk bisa magang di luar negeri, khususnya di Jepang.

Kemudian, pihaknya juga memberikan banyak sekali wadah bagi para mahasiswa untuk dapat mengembangkan bakat sesuai dengan passionnya. Intan melanjutkan, bahwa para mahasiswa mempunyai kemampuan yang berbeda beda.

BACA JUGA:Mau Daftar? KPK Buka Lowongan Kerja, Nih Formasinya

BACA JUGA:Jawa Barat Masuk Daerah Rawan, 1.000 Marbot Muda Dilatih Kesiagaan Bencana

"Di sini ada banyak sekali divisi untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Mulai dari CI (Communications and Information) untuk mewadahi mahasiswa yang menyukai bidang media dan jurnalistik. English Society untuk yang suka mengikuti lomba-lomba dan sebagainya.

Kemudian ada juga divisi budaya yang mewadahi mahasiswa yang menyukai musik, menari dan menyanyi,” jelasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: