60 CCTV Terpasang di Tol Cisumdawu Pantau Lalu Lintas Pemudik

60 CCTV Terpasang di Tol Cisumdawu Pantau Lalu Lintas Pemudik

Tol Cisumdawu. Foto:-@majalengkaviral-Instagram

BANDUNG, RADARCIREBON.COM – Sebanyak 60 kamera pengawas atau CCTV yang disimpan di titik-titik Tol Cisumdawu, dalam pelaksanaan arus mudik lebaran 2023 oleh aparat kepolisian.

Kamera CCTV ini dipasang di tol sepanjang 62 km yang bisa menghubungkan perjalanan dari Bandung Raya menuju wilayah Jawa Tengah.

"CCTV yang kami siapkan di Tol Cisumdawu ada lebih dari 60 titik untuk memantau pergerakan pemudik,” kata Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Wibowo, Selasa 18 April 2023.

BACA JUGA:Keutamaan Malam Lailatul Qodar di Bulan Ramadhan

Ia mengungkapkan, puluhan kamera pengawas itu minta disebar di beberapa lokasi yang berpotensi rawan saat dilalui pemudik.

Kamera dipasang khususnya di beberapa spot yang masih gelap saat malam hari maupun di tempat rest area sementara.

“Saya sudah minta CCTV ini khususnya di jalur-jalur yang memang menjadi trouble spot. Karena ada beberapa titik yang memang gelap, ada pemanfaatan jalur sebagai rest area, nah itu perlu untuk membantu tingkat keamanannya,” tuturnya.

BACA JUGA:Tutup Smartren, Ini Pesan Cinta Atalia buat Anak-anak di Jawa Barat

Wibowo menjelaskan, Tol Cisumdawu saat mudik nanti akan dibatasi pengoperasiannya. Pemudik hanya bisa melewati tol itu mulai pukul 06.00 – 15.00 WIB, lantaran akses dari GT Cimalaka KM 186 hingga GT Ujungjaya Utama KM 216 belum memadai.

"Pas sore ke malam hari, ini jalannya berkabut. Makanya kami siapkan sampai jam segitu karena untuk keselamatan masyarakat juga," ujarnya.

Menurutnya, saat ini belum tersedia rest area resmi yang berada di Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Resmi! FIFA Resmi Tunjuk Argentina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Adapun saat momen mudik lebaran tahun ini, akan dibangun rest area sementara yang titiknya berada di KM 194 hingga KM 195 jalur B.

Di sana akan tersedia SPBU mini, toilet portabel, dan kebutuhan lainnya. Selain itu akan ada petugas pengisian bahan bakar yang memakai sepeda motor untuk mengantarkan kepada pemudik yang membutuhkan.

"Tapi ini hanya untuk tempat istirahat sementara. Harapan kami masyarakat bisa istirahat dengan tempo waktu yang tidak begitu lama," ucapnya.

BACA JUGA:Hari Ini Sudah Diterapkan, Inilah Jadwal One Way, Contra Flow dan Ganjil Genap Arus Mudik dan Balik 2023

Wibowo menambahkan, karena jalan tol ini bisa memangkas waktu perjalanan dari Bandung menuju daerah Pantura (pantai utara), kepolisian pun menyiapkan skema jika terjadi kepadatan di ujung Tol Cisumdawu yang mengarah ke Cipali.

Ketika ada kepadatan di pintu keluar tol Ujung Jaya Utama, maka kendaraan bakal dikeluarkan di pintu tol Ujung Jaya 2.

 BACA JUGA:Pantura Kota Cirebon Dipadati Sepeda Motor Pemudik, Polisi Bagikan Permen di Lamer Harjamukti

Namun, ketika ekor kendaraan sampai ke Ujung Jaya 2, kendaraan akan dikeluarkan di pintu Tol Sumedang.

"Kalau di Cimalaka itu jalannya kecil, jadi kami pilih kendaraan dikeluarkan di gerbang tol Sumedang," pungkasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase