One Way di Ruas Tol Cipali Dilanjutkan 1x24 Kedepan

One Way di Ruas Tol Cipali Dilanjutkan 1x24 Kedepan

Pemudik mulai ramai melintas di simpang tiga Jl Kalijaga (Pegambiran) Kota Cirebon, Senin 24 April 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tepat pukul 00.00 WIB rekayasa lalu lintas one way pada arus balik lebaran yang dijadwalkan selesai.

Kemudian, one way akan terus dilanjutkan hingga hari Selasa 25 April 2023 pukul 24.00 WIB mendatang.

Apabila pada periode tiga jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan ke arah Jabodetabek.

BACA JUGA:Inilah Identitas Pemilik Mobil yang Terbakar di Jalan Tuparev Cirebon

Maka dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.

Sebelumnya, Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman SIK MH melakukan pemantauan penerapan one way di GT Palimanan, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Senin 24 April 2023 malam.

Kebijakan one way tersebut diberlakukan dari GT Kalikangkung di KM 414 hingga GT Cikatama di KM 70 mulai pukul 14.30 WIB.

BACA JUGA:Tegasnya Menpan-RB: Tidak Ada Pengurangan Gaji Tenaga Honorer

Menurutnya, kebijakan one way tersebut merupakan salah satu skema yang diterapkan dalam rangka pengamanan arus balik Lebaran 2023.

Bahkan, sebelum one way diterapkan pihaknya bersama Korlantas Polri dan Ditlantas Polda Jabar telah melaksanakan clereance di rest area jalur tol di wilayah hukum Polresta Cirebon.

"Kami juga melakukan clereance dan penutupan pintu tol untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah sejak dua jam sebelum one way diterapkam.”

BACA JUGA:Kapolresta Cirebon Pantau One Way di GT Palimanan, 12 Ribuan Unit Mobil Menuju Jabodetabek

Langkah tersebut untuk memastikan tidak ada pengendara karena jalurnya akan dilintasi kendaraan dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta pada saat one way," kata Kombes Arif.

Ia mengatakan, pola semacam itu telah diterapkan secara serentak oleh jajaran Polri disepanjang jalur tol dari KM 414 hingga KM 70 sebelum one way mulai diberlakukan.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan personel di sepanjang jalur arteri di wilayah hukum Polresta Cirebon.

BACA JUGA:Ma’ruf Amin Imbau Para Pejabat: Saya Mengajak untuk Bersikap Sederhana

Berdasarkan hasil catatan traffic counting di GT Palimanan jumlah kendaraan yang melintas dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta sejak one way diterapkan hingga pukul 20.00 WIB  tercatat mencapai 12 ribuan unit.

Sementara, Jalan Raya Pantura, Kota Cirebon pada Senin 24 April 2023 sore tadi mulai mengalami peningkatan jumlah kendaraan pemudik arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta.

Arus lalu lintas di dominasi pemudik sepeda motor yang kembali lebih awal guna menghindari kemacetan saat puncak arus balik.

BACA JUGA:Datang Lebih Awal, Filipina Siap Beri Kejutan ke Indonesia di Laga Perdana SEA Games Kamboja

Seperti pantauan radarcirebon.com di simpang tiga Jl Kalijaga (Pegambiran) Kota Cirebon, jalur tersebut ramai dilalui pemudik sepeda motor maupun mobil.

Hal ini imbas dengan adanya pemberlakuan sistem one way di ruas jalan tol trans Jawa.

Meski telah terjadi peningkatan arus balik di jalur Pantura simpang tiga Jl Kalijaga (Pegambiran), Kota Cirebon ini, kondisi lalu lintas (lalin) masih terbilang normal, sehingga tidak terjadinya penumpukan kendaraan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Satu Unit Mobil Terbakar di Jalan Tuparev Cirebon, Lalu Lintas Padat Merayap

Petugas Polsek Lemahwungkuk, TNI, Dishub dan Laskar Agung Macan Ali Nuswantara Cirebon yang bertugas di Pos Pelayanan Operasi Ketupat Lodaya 2023 mengurai kendaraan pemudik ke dua arah yakni menuju Jakarta melalui Indramayu dan Ke Jakarta melalu Palimanan atau jalur utama Pantura.

"Hari ini ada peningkatan jumlah kendaraan pemudik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta. Hal ini disebabkan adanya pemberlakuan sistem one way di ruas jalan tol.”

“Meski demikian jalur masih bisa dikatakan normal meski ada peningkatan kendaraan," ungkap Kanit Binmas Polsek Lemahwungkuk, Ipda Maman Surahman kepada radarcirebon.com. (rdh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase