Merdeka Belajar Memerdekakan Siswa Belajar

Merdeka Belajar Memerdekakan Siswa Belajar

Walikota Cirebon H Nashrudin Azis memimpin upacara Hardiknas, Selasa (2/5/2023).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Merdeka belajar adalah salah satu keberhasilan pendidikan terhadap anak didik, karena guru bebas berkreasi selama mengajar siswa, hal ini dikatakan Walikota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH disela-sela peringati kan hari pendidikan nasional (Hardiknas), Selasa (2/5) di Halaman Balaikota.

Lebih jauh walikota mengatakan,  momentum hari pendidikan nasional tahun 2023 tingkat Kota Cirebon, melalui Peringkatan Hardiknas ini  menjadi momentum meningkatkan kualitas pendidikan.

Pendidikan sejati, lanjut Azis,  bukan tanggung jawab institusi saja, akan tetapi pendidikan harus dimulai dirumah dan setiap langkah kehidupan, dari situ akan lahir generasi yang meneruskan pembangunan.

Selama 3 tahun, kata Walikota,  terjadi perubahan besar sebanyak 24 episode merdeka belajar semakin dekat cita cita luhur Ki Hajar Dewantara dalam mewujudkan pendidikan sebaik-baiknya.

BACA JUGA:Iin Kristina, Ketua LPM Kelurahan Pekalangan Maju Sebagai Bacaleg Karena Ada Aspirasi Yang Tersumbat

BACA JUGA:Promosikan Potensi Wisata, Disparbud Jabar Latih 1000 Warga Lokal Jadi Content Creator

"Pendidikan  dinilai holistik oleh gurunya sendiri, sekarang bisa menggunakan kualitas layanan pendidikan," ujarnya.

Guru-guru  yang dulu diikat peraturan kaku, kata Walikota,  sekarang bebas sesuai kurikulum merdeka belajar. Jenjang pendidikan dasar dan menengah, siswa bebas berkreasi, kemudian Pada jenjang perguruan tinggi  dulu lebih ke teori sekarang bisa melanglangbuana ke kampus luar daerah.

Begitu Pendanaan pencairan BOS dan BOP pemanfaatannya lebih fleksibel peningkatan  kualitas pendidikan.

Tidak hanya itu, Dukungan dana riset dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pendidikan sehingga menghasilkan karya hebat.

BACA JUGA:Ngeri! Bukan di Hanura, Ternyata Wiranto Siapkan 100 Kader Terbaiknya untuk Nyaleg di PPP

BACA JUGA:Enggan Komentari Kisruh Rumah Tangga Nikita Mirzani, Fitri Salhuteru Malah Bilang Begini

Pihaknya mengajak semuanga bersama sama membuat sejarah baru merdeka belajar. Transformasi ini perlu dirayakan perlu syukur karena atas hasil kerja keras.

"Hardiknas tepat merefleksikan tantangan yang kita hadapi, kita dapat merancang arah perjalanan kedepan dengan merdeka belajar," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: