Geger Kalender 2023 Cantumkan Waisak Tanggal 6 Mei, yang Benar Tanggal Berapa?

Geger Kalender 2023 Cantumkan Waisak Tanggal 6 Mei, yang Benar Tanggal Berapa?

Sebagian kalender mencantumkan Waisak pada tanggal 6 Mei 2023.-Ist/Tangkapan Layar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Sejumlah kalender ternyata mencantumkan Waisak 2567 BE jatuh pada 6 Mei 2023. Versi lainnya mencantumkan 4 Juni 2023.

Lalu, mana yang benar? Kondisi tersebut memang membuat bingung masyarakat. Salah satunya Abdullah. Dia mengaku, kalender di rumahnya mencantumkan 6 Mei 2023 sebagai Hari Raya Waisak.

"Ada satu kalender ditulis 6 Mei itu tanggal merah. Di bawahnya ada keterangan Hari Raya Waisak," kata Abdullah, kepada radarcirebon.com, Jumat, 5 Mei 2023.

Karena penasaran dan ramai di media sosial soal perbedaan tanggal, Abdullah mengecek kalender lain. Juga fitur digital di ponsel miliknya.

BACA JUGA:Wow Keren! Pecahan Uang Rp 75 Ribu Jadi Finalis Currency Award 2022

Tertulis, pada versi lain kalender Waisak diperingati pada 4 Juni 2023. Dirinya tak mengerti, kenapa ada yang mencantumkan versi 6 Mei tersebut.

Sebab, sempat menduga bahwa pada Hari Sabtu bakal menjadi tanggal merah alias long weekend.

Redaksi radarcirebon.com juga mengecek beberapa kalender, ternyata benar ada yang mencantumkan tanggal 6 Mei sebagai Hari Raya Waisak.

Kemudian pada sejumlah template kalender yang tersedia di Google, juga mencantumkan tanggal 6 Mei sebagai Hari Raya Waisak.

BACA JUGA:Akademi Angkatan Laut Membuka Pendaftaran Calon Taruna, Nih Persyaratannya

Meski demikian, Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan agar masyarakat tidak perlu bingung. Sebab, Waisak 2567 BE diperingati pada 4 Juni 2023.

Dirjen Bimas Buddha, Supriyadi menjelaskan, Waisak 2567 BE tetap diperingati pada 4 Juni, bukan 6 Mei. Dia berharap, penegasan ini tidak membuat masyarakat bingung.

"Waisak 2567 BE bertepatan 4 Juni 2023. Ini juga sudah terakomodir dalam Surat Keputusan Bersama antara Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Tenaga Kerja," tegas Supriyadi di Jakarta, pada siaran pers yang dilansir radarcirebon.com, Jumat, 5, Mei 2023.

Menurut Supriyadi, masyarakat tidak perlu bingung lagi, terutama umat Buddha. Sebab, pemerintah juga sudah mengeluarkan keputusan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: