Sepanjang Libur Lebaran, Hotel di Kota Cirebon Capai Okupansi 90 Persen

Sepanjang Libur Lebaran, Hotel di Kota Cirebon Capai Okupansi 90 Persen

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Cirebon, Imam Reza Hakiki-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON. COM - Tingkat hunian hotel (okupnasi) di momen libur lebaran kali ini turut meningkat. Selama masa libur lebran 2023, hotel di kota Cirebon mencapai okupansi 90 persen.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Cirebon, Imam Reza Hakiki menuturkan selama musim libur lebaran 2023 semua hotel di kota Cirebon full booked. Dibandingkan tahun lalu, okupansi di momen libur lebaran tahun ini mengalami peningkatan. "Selama masa libur lebaran okupansi ada di angka 90% dimulai sejak H+1 Lebaran," tuturnya.

Liburan yang lebih panjang dari biasanya menjadi salah satu faktor okupansi meningkat di tahun ini. Libur cuti yang ditambah juga sangat berpengaruh pada tingkat hunian kamar hotel. "Biasanya di momen libur lebaran hotel hanya ramai hingga H+3 atau H+5 tahun ini selama sepekan hotel selalu ramai tamu," jelasnya.

Tak hanya didominasi oleh tamu dari luar kota, selmaa libur lebran tamu hotel juga didominasi oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya yang telah merantau ke beberapa kota sekitar dan sedang mudik di Cirebon. "Secara trend, tahun ini pemesanan banyak yang dilakukan mendadak bukan dari jauh-jauh hari," terangnya.

BACA JUGA:SIMAK! Ini Syarat Jalan Rusak di Cirebon Ditangani Presiden Jokowi seperti di Lampung

BACA JUGA:BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Dalam 2 Hari Kedepan

Lanjutnya, usai pandemi, terutama setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) okupansi di kota Cirebon mulai bergeliat dan kembali seperti sebelum pandemi. Pada bulan Ramadan, rwstaurant dan rumah makan pun turut bergeliat. "Retaurant dan rumah makan turut bangkit terutama saat momen Ramadan," tukasnya. (apr)

BACA JUGA:Seorang Tifosi Napoli Tewas Tertembak Disaat Perayaan Scudetto Ke-3

BACA JUGA:Tuan Rumah SEA Games Kamboja Minta Maaf ke Indonesia Perihal Insiden Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: