Hadiri GovTech Global Forum di Washington, Wabup Sumedang: Banyak Lesson Learned dari Forum ini

Hadiri GovTech Global Forum di Washington, Wabup Sumedang: Banyak Lesson Learned dari Forum ini

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, hadir dalam GovTech Global Forum di Headquarters World Bank di Washington, Amerika Serikat, Jum'at 5 Mei 2023.-Istimewa-

WASHINGTON, RADARCIREBON.COM - Hari pertema GovTech Global Forum di Headquarters World Bank di Washington, Amerika Serikat, diisi oleh berbagai diskusi pleno menarik tentang tata kelola pemerintahan di era digital.

Nara sumbernya beragam, baik dari eksekutif World Bank, akademisi, praktisi pemerintahan, maupun dari organisasi non pemerintah.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra

"Materi diskusi hari pertama sangat menarik dan relevan dengan tantangan tugas pemerintahan daerah. Berbagai pembelajaran dan pengalaman implementasi Government Technology (GovTech) atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di berbagai  negara dan di banyak sektor, dikupas oleh para ahlinya," ujar Erwan Setiawan, Wakil Bupati Sumedang di Washington, Jum'at 5 Mei 2023.

Ditambahkan Erwan, Kabupaten Sumedang yang saat ini sedang giat mengembangkan tata kelola pemerintahan berbasis digital, belajar banyak dari GovTech Global Forum ini.

BACA JUGA:Kapal Feri MV Queen Star 2 Tujuan Singapura-Batam Juga Terbakar, Inilah Penyebabnya

"Banyak lesson learned dari forum ini. Contohnya, bagaimana penggunaan piranti digital dalam pelayanan publik harus menjamin kebahagiaan dan peningkatan kesejahteraan rakyat. Jadi digital hanya alat, itu esensi dari citizen centric," ungkap Erwan.

Materi hari pertama GovTech Global Forum tersebut membahas tentang tata kelola pemerintahan di era digital, mulai dari: GovTech dalam implementasi; GovTech dan kepercayaan publik; GovTech untuk akuntabilitas dan transparansi; Kemampuan digital masa depan; sampai dengan Membangun data untuk pelayanan publik.

BACA JUGA:Agung Laksono: Yang Penting Partai Golkar Punya Calon Presiden

Joao Ricardo Vasconcellos, Senior Governance Specialist and TTL of the GovTech Global Forum The World Bank, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang yang telah menghadiri GovTech Global Forum ini.

Bagi World Bank, berbagai pengalaman praktis tata kelola pemerintahan berbasis digital di berbagai negara sangat penting didiskusikan, termasuk pengalaman Kabupaten Sumedang yang membanggakan. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase