Tips Berkendara Aman di Malam Hari, Pengguna Sepeda Motor Wajib Tahu

Tips Berkendara Aman di Malam Hari, Pengguna Sepeda Motor Wajib Tahu

Pengendara motor yang berkendara di malam hari.-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Di tengah panas ekstrem saat ini, beberapa pengendara motor lebih memilih melakukan perjalanan di malam hari.

Perlu diketahui, berkendara baik di malam maupun siang hari harus disertai dengan kesiapan berkendara yang aman.

Safety Riding Development Section Head, Ludhy Kusuma mengatakan berkendara malam atau siang hari bagi pengendara wajib untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas.

Di samping itu wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk selalu Cari Aman, seperti menggunakan Helm, Jaket, Sepatu dan Sarung Tangan.

“Akan tetapi pengendara yang melakukan perjalanan di malam hari harus ekstra hati-hati apalagi jika kondisi cuaca saat berkendara berada dalam kondisi hujan," ungkapnya.

Untuk berkendara di malam hari, pastikan terlebih dahulu melakukan pengecekan kondisi sepeda motor.

BACA JUGA:DETIK-DETIK Bus Wisata Masuk ke Jurang di Guci Tegal: Woy Ngerem, Allahu Akbar

BACA JUGA:Bus yang Kecelakaan di Guci Tegal, Sempat Ziarah ke Cirebon dan Mau ke Pekalongan

Pastikan jika sepeda motor yang dikendarai selalu dalam kondisi prima, beberapa yang harus diperhatikan diantaranya melakukan pengecekan lampu kendaraan.

Berkendara di malam hari sangat minim penerangan jadi lampu utama motor sangat diandalkan untuk bisa berkendara aman dan bisa lebih fokus pada kondisi jalan.

"Pastikan bahan bakar terisi penuh, jangan sampai ditengah perjalanan kendaraan kehabisan bensin, dan pastikan kondisi mesin berada dalam kondisi yang prima," tuturnya.

Atur Rute dan Jalur Paling Aman, hal ini tidak hanya untuk menghindari kecelakaan, kendala yang dihadapi oleh pengendara ketika berkendara di malam hari adalah tindakan kriminal.

Untuk itu selalu pilih rute dan jalur paling aman seperti melewati jalan yang ramai untuk dilalui kendaraan dan hindari tempat sepi dan minim penerangan dan jauh dari pemukiman.

Jangan lupa juga untuk menggunakan perlengkapan berkendara. Selain helm, perangkat keselamatan berkendara yang paling penting digunakan adalah jaket dengan material yang bisa menahan terpaan angin dan cuaca dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: