FEKDI 2023 Ajang Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional

FEKDI 2023 Ajang Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional

Gelaran FEKDI 2023 ajang perkuat ketahanan dan Kebangkitan PEN-BANK INDONESIA-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) tahun 2023 digelar dengan mengangkat tema Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth.

Digelar selama tiga hari sejak tanggal 8 hingga 10 Mei 2023, FEKDI 2023 menjadi ajang etalase inovasi produk dan layanan serta sinergi kebijakan ekonomi dan keuangan digital.

Diselenggarakan oleh Bank Indonesia dan Kementerian Perekonomian dengan didukung oleh Kementerian-Lembaga, asosiasi dan industri.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menuturkan, FEKDI 2023 digelar dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, sebagai langkah konkrit Indonesia bersama-sama dengan negara ASEAN dalam mewujudkan konektivitas pembayaran lintas negara.

Sejalan dengan tema Keketuaan ASEAN 2023 oleh Indonesia “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Kegiatan diawali dengan soft opening dalam bentuk penguatan eksperimentasi layanan digital.

BACA JUGA:KULINER KHAS CIREBON, Lumpia Goreng Unik dengan Bumbu Paling Yahud, Street Food yang Selalu Diburu Pelanggan

"FEKDI tahun ini merupakan ajang yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Bank Indonesia secara bersama-sama bersinergi dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang turut didukung oleh Kementerian/Llembaga terkait dan asosiasi serta industri, sebelumnya juga telah dilakukan berbagai kegiatan pre-event FEKDI di 46 wilayah di Indonesia," jelasnya. 

Adapun topik bahasan FEKDI 2023 difokuskan pada sinergi dan inovasi peningkatan ekonomi regional.

Kemudian dihadirkan pula berbagai inisiatif terkait penguatan keterkaitan ekonomi lintas batas dan pembayaran lintas negara (cross-border payment).

Tak ketinggalan, turut dipaparkan juga strategi dan inisiasi kebijakan dalam mendorong digitalisasi, serta inklusi ekonomi dan keuangan.

"FEKDI 2023 juga menyuguhkan showcasing yang menampilkan berbagai produk, inovasi, serta pencapaian pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital," terangnya.

Dia menambahkan, momentum sinergi dan kolaborasi pada penyelenggaraan FEKDI tahun ini juga kembali diperkuat dengan launching Kartu Kredit Indonesia (KKI) untuk segmen Pemerintah, dan launching QRIS Antarnegara Indonesia Malaysia.

Peluncuran Kartu Kredit Indonesia merupakan bentuk dukungan BI terhadap program Pemerintah dalam rangka aksi afirmasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), khususnya aspek sistem pembayaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: