Timor Leste Resmi Menjadi Anggota ASEAN, Presiden Jokowi: Selamat Bergabung

Timor Leste Resmi Menjadi Anggota ASEAN, Presiden Jokowi: Selamat Bergabung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalami Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dalam KTT ASEAN yang berlangsung di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.-Biro Pers Sekretariat Presiden-

MANGGARAI BARAT, RADARCIREBON.COM -  Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berlangsung di Labuan Baik, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu 10 Mei 2023, Timor Leste resmi bergabung sebagai anggota baru.

BACA JUGA:Terbukti Menikmati Hasil Penjualan Sabu, Linda Pudjiastuti Divonis 17 Tahun

Sebagai tuan rumah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengucapkan selamat bergabung kepada negara Timor Leste yang kini resmi sebagai bagian dari keluarga ASEAN.

Sebelumnya diketahui, pada KTT ASEAN di Phnom Phen 2022 lalu secara prinsipal telah menyepakati keanggotan bagi Timor Leste.

BACA JUGA:Kalahkan Kamboja 2-1, Indonesia Juara Grup A dan Lolos ke Semifinal SEA Games 2023

“Pada Perdana Menteri Timor Leste, Selamat bergabung di keluarga ASEAN,” ujar Presiden Jokowi seraya mempersilahkan Perdana Menteri (PM) Timor Leste Taur Matan Ruak untuk menyampaikan sambutan pandangannya.

Menanggapi hal itu, PM Timor Leste pun berterima kasih atas dukungan Indonesia terhadap Timor Leste.

Sehingga, bisa bergabung menjadi anggota ASEAN, pertama kali hadir dalam perhelatan KTT ASEAN, dan menjadi observer ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara.

BACA JUGA:Hore! Kabupaten Cirebon Raih Predikat WTP ke-8 Kalinya dari BPK RI

“Terima kasih kepada Yang Mulia Joko Widodo Presiden Indonesia ketua ASEAN 2023, atas dukungan dan komitmennya selama ini, yang telah memberikan undangan kepada saya untuk berpartisipasi dalam KTT yang bersejarah ini," ungkap PM Taur Matan Ruak.

Menurutnya, menjadi sebuah kehormatan bagi negaranya untuk hadir pertama kalinya pada KTT ASEAN, serta merupakan bab baru dari sejarah Timor Leste juga ASEAN.

Bergabungnya Timor Leste, lanjut Taur, merupakan momentum bersejarah bagi negaranya. Karena, dapat memberikan dampak yang positif dalam berbagai sektor baik ekonomi maupun sosial.

BACA JUGA:Hasil Evaluasi Mudik 2023 di Jawa Barat: Angka Kecelakaan Menurun 45,58 Persen

Dengan begitu, berbagai pembangunan yang telah dilakukan di negaranya dapat terus dilakukan. 

Atas kesempatan yang diberikan, pihaknya pun akan mentaati setiap peta jalan yang telah diserpakati bersama-sama dengan anggota ASEAN lain. 

Supaya, keberadaan Timor Leste dapat memberikan manfaat kepada anggota ASEAN lainnya dari berbagai sektor.

“Itu sangat penting dan bersejarah bagi kami sebagai anggota ke-11 ASEAN. Menunjukkan pengakuan yang sama untuk kebersamaan di dalam pembangunan masyarakat ASEAN,” terang Taur.

BACA JUGA:Pemerintah Daerah Harus Turun Tangan Atasi Konflik Keraton di Cirebon

Perlu diketahui, meski sudah resmi menjadi anggota ASEAN Timor Leste masih berstatus observer, Timor Leste akan mendapat hak untuk menghadiri semua pertemuan ASEAN dan sesi KTT.

Timor Leste masih harus memenuhi sejumlah kewajiban sebelum menjadi anggota penuh ASEAN. Timor Leste merupakan negara ke-11 yang akan bergabung dengan keanggotaan ASEAN. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase