Komunitas 'Kadal' Cirebon, Siap Ikuti Bromo KOM, 'Hajinya' Para Cyclist

Komunitas 'Kadal' Cirebon, Siap Ikuti Bromo KOM, 'Hajinya' Para Cyclist

Komunitas Kadal Cirebon bakal mengikuti Bromo KOM.-Istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sejumlah komunitas cyclist CIREBON sudah bersiap untuk mengikuti event Bromo KOM Challenge 2023. Salah satu latihannya dengan bersepeda mengelilingi Gunung Ciremai. “Ritual” itu biasa disebut Tour de Ciremai (TDC), Minggu 14 Mei 2023.

Event Bromo KOM merupakan lomba adu cepat raja tanjakkan bagi para komunitas goweser bukan atlet. Event ini akan berlangsung pada 27 Mei 2023. Menempuh rute Kota Surabaya menuju Wonokitri di lereng Gunung Bromo, Jawa Timur.

Salah satu komunitas yang serius ingin bisa menaklukkan tanjakkan Wonokitri Bromo, adalah “Kadal”.  Ada 13 anggota komunitas ini yang akan mengikuti even Bromo King of Mountain (KOM) tahun ini.

Persiapan pun sudah dilakukan oleh para penghobi roadbike “Kadal” ini. Termasuk Minggu kemarin melakukan latihan bersepeda dengan rute menanjak di seputaran lereng Gunung Ciremai. 

BACA JUGA:HEBOH Mobil Dinas Pj Walikota Tasikmalaya Ugal-ugalan di Yogyakarta, Ternyata Tidak Tercatat di Aplikasi Samba

TDC kemarin menempuh jarak sekitar 130 KM. Dengan elevasi di lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Sebenarnga TDC ini merupakan kegiatan rutin bulanan bagi Tim “Kadal”. Hanya, latihan Minggu kemarin lebih serius karena persiapan Bromo KOM yang tinggal dua minggu lagi.

TDC ini dipilih karena medan menanjak mendekati kontur dengan rute yang dilalui Bromo KOM Challange. Karena even tersebut menempuh jarak 100 Km lebih dengan elevasi menjelang finish di atas 2000 mdpl.

“Selain untuk melatih ketahanan tubuh dalam rangka persiapan Bromo KOM, juga mencari rute yang mirip-mirip lereng Gunung Bromo. Nah TDC ini yang kami pilih. Walau elevasinya masih jauh di bawah Bromo,” ungkap William Kho, salah satu anggota Komunitas “Kadal”yang tahun lalu juga sudah mengikuti even tersebut.

BACA JUGA:ADA ATLET CIREBON, Semifinal Basket Putra SEA Games 2023 Indonesia vs Filipina Hari Ini, Cek Jadwalnya

Dalam TDC Minggu kemarin start di depan pom bensin Shell, Sunyaragi Kota Cirebon. Kemudian melintasi Sumber Kabupaten Cirebon dan langsung menuju Majalengka.

Setelah sampai Sukahaji Majelengka, para goweser tersebut memilih jalan alternatif menuju Maja. Dari Maja, langsung melewati tanjakkan Cikebo yang berkelok nan syahdu itu. Turun ke Cimeong dan kemudian Talaga.

Dari Talaga kemudian menuju Cikijing. Dengan khusyuk para goweser ini masih tampak bersemangat mendaki kelokan Cikijing yang menuju Kuningan.

Setelah masuk gerbang Kuningan, kemudian belok kanan menuju jalan ke arah Kecamatan Subang. Setelah itu belok kiri mengitari Waduk Darma melalu jalur dalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: