Danlanal Cirebon Tanam Mangrove di Kalipasung, Berikut Tujuannya

Danlanal Cirebon Tanam Mangrove di Kalipasung, Berikut Tujuannya

Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah beserta perwakilan Forkompinda dan pelajar melakukan penanaman pohon Mangrove di pesisir pantai Desa Kalipasung, Kabupaten Cirebon, Senin 15 Mei 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar penanaman mangrove serentak seluruh Indonesia dihadiri langsung Presiden Jokowi di Jakarta, Senin 15 Mei 2023.

BACA JUGA:Wagub Uu: Petani Jawa Barat Berkurang 5 Persen Setiap Tahun

Di Kabupaten Cirebon, kegiatan tersebut juga berlangsung di pesisir pantai Desa Kalipasung, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:7 Ciri Pasangan Selingkuh, Salah Satunya Minta Gaya Baru, Amati!

Hadir sekaligus menanam pohon mangrove Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah beserta istri dan sejumlah perwakilan Forkompinda Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:4 Cara Mudah Membuat Kamar Tidur Menjadi Senyaman Hotel

BACA JUGA:MAKIN HITS, Wisata Religi di Jawa Barat, Masjid Al Jabbar Edukasi Sejarah Keislaman

"Hari ini kita melaksanakan penanaman pohon mangrove secara serentak se-Indonesia yang dipimpin langsung Presiden Jokowi di Jakarta.”

“Untuk di Kabupaten Cirebon kegiatan dipusatkan di pesisir pantai Desa Kalipasung, Kecamatan Gebang ini," ungkap Dan Lanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah kepada radarcirebon.com usai penanaman pohon mangrove.

BACA JUGA:Sampai di Indramayu, 32 Bhiksu Jalan Kaki dari Tahiland ke Borobudur Disambut Warga Patrol

Letkol Laut (P) Ridwansyah mengatakan, sebanyak 5.000 batang pohon mangrove yang ditanam.

"Penanaman pohon mangrove ini bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari kemungkinan perubahan iklim sehingga air permukaan laut naik atau terjadi gelombang besar di pesisir pantai.”

BACA JUGA:Disnakertrans Cirebon, Latihan Puluhan Anggota PERSIT Kerajinan Souvenir

“Pohon mangrove merupakan salah satu solusi dalam mengatasi segala fenomena alam yang terjadi khususnya dari lautan," katanya.

Selain penanaman pohon mangrove, di hari yang sama Danlanal Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah juga meresmikan KBN (Kampung Bahari Nusantara) di Desa Bungko Lor, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA:Ada Komplek Mewah di Kabupaten Cirebon, Ternyata Artinya Bisa Bikin Senyum yang Baca

Peresmian Kampung Bahari Nusantara KBN tersebut dilakukan secara terpusat di Pulau Ujung Jawa, Kepulauan Seribu Jakarta oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin dilaksanakan secara Virtual.

Peresmian KBN di wilayah Lanal Cirebon ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Danlanal Cirebon dilanjutkan peninjauan Rumah Pintar Sarwajala. (rdh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase