Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Anies Jauh Banget, Pendukung Ganjar Ada yang Kabur

Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Anies Jauh Banget, Pendukung Ganjar Ada yang Kabur

Bakal Capres 2024 Anies Baswedan.-DOKUMEN-jpnn.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Dari hasil survei terbaru yang didapat Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukan elektabilitas Anies Baswedan tertinggal lumayan jauh dibandingkan elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di periode 3-14 Mei 2023.

Sebagai calon presiden (capres) elektabilitas Prabowo Subianto menempati posisi teratas di Pilpres 2024.

"Di bulan Mei 2023, elektabilitas Prabowo Subianto mencapai 33,9 persen diikuti oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 31,9 persen dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 20,8 persen," kata peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (19/5).

Hasil survei terbaru Charta Politika Indonesia yang rililis Kamis (4/5) sebagai perbandingan menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

BACA JUGA:Terinspirasi Tulisan Dahlan Iskan, Robinson Simanullang akan Beri Nama Cucu Zaytun Simanullang

BACA JUGA:Polisi Tegaskan Ancaman Terhadap Kendaraan Plat E Hoax

Charta politik melakukan survei pada 27-30 April 2023 hasil simulasi tiga nama kandidat capres, Ganjar Pranowo dipilih oleh 36,6 persen responden, Prabowo 33,2 persen, dan Anies Baswedan 23 persen.

Peneliti Charta Politika Indonesia Ardha Ranadireksa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/5), menjelaskan, dari sisi tren, elektabilitas Ganjar meningkat pasca-pengumuman sebagai capres oleh PDI Perjuangan pada 21 April lalu.

4 Penyebab Elektabilitas Prabowo Teratas Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby menyebutkan empat penyebab yang membuat elektabilitas Prabowo berhasil mengalahkan Ganjar dan Anies. Pertama, mayoritas responden menginginkan sosok dengan kepemimpinan kuat sehingga mampu menumbuhkan perekonomian Indonesia.

"Dari ketiga nama bakal capres (Prabowo, Ganjar, Anies), Prabowo lebih kuat asosiasinya sebagai sosok pemimpin kuat yang mampu menumbuhkan ekonomi. Prabowo dipandang sebagai pemimpin yang tegas, kuat, serta fasih dalam merangkul aneka pihak," jelasnya.

BACA JUGA:Dahlan Iskan Hadir di Wisuda IAI Al Azis Mahad Al Zaytun, Diundang Syekh Panji Gumilang

BACA JUGA:Tips Mudah Agar Pasangan Suami Istri Tak Cerai Ala Teuku Wisnu

Kedua, elektabilitas Prabowo juga makin meningkat karena sejumlah pendukung Ganjar berpindah memilih Prabowo karena dianggap lebih berkarakter nasionalis. Ketiga, posisi Prabowo sebagai menteri berhasil memperkuat citranya sebagai capres yang mampu mengelola pemerintahan. Keempat, Prabowo dinilai menjadi tokoh sentral yang banyak diterima oleh berbagai spektrum politik.

Survei LSI Denny JA itu dilakukan melalui tatap muka dengan menggunakan kuesioner kepada 1.200 responden dari seluruh Indonesia dengan ambang batas kesalahan survei tersebut sebesar 2,9 persen. Selain menerapkan metode kuantitatif, LSI Denny JA di dalam surveinya juga memperkaya informasi dan analisis dengan menerapkan metode kualitatif, seperti analisis media, wawancara mendalam, dan diskusi kelompok terpumpun. (antara/jpnn)

BACA JUGA:Megahnya Galangan Kapal Syekh Panji Gumilang, Dahlan Iskan Dibuat Terkejut, Sedang Bangun Kapal 600 GT

BACA JUGA:Fungsi Lampu Sein ‘Kanan’ dan ‘Kiri’ Pada Sepeda Motor


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: