Daun Kelor Mengatasi Anemia

Daun Kelor Mengatasi Anemia

Manfaat daun kelor bisa mengatasi sakit anemia.-Tangkapan Layar Video-Youtube

RADARCIREBON.COM - Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau konsesntrasi di dalam tubuh rendah. 

Anemia sering terjadi pada anak-anak dan wanita usia subur. Anemia dapat disebabkan karena beberapa faktor.

Defisiensi nutrisi melalui pola makan yang tidak teratur atau penyerapan nutrisi yang tidak memadai, infeksi (misalnya malaria, infeksi parasit, tuberkulosis, HIV), peradangan, penyakit kronis, kondisi ginekologi dan kebidanan, dan kelainan sel darah merah yang diturunkan. 

Penyebab anemia gizi yang paling umum adalah kekurangan zat besi. 

BACA JUGA:4 Jenis Tanda Lahir yang Bahaya Buat si Kecil, Kenali Ciri-cirinya Ya Bunda

WHO (World Health Organization) memperkirakan bahwa 40% anak usia 6–59 bulan, 37% wanita hamil, dan 30% wanita usia 15–49 tahun di seluruh dunia menderita anemia.

Daun kelor merupakan salah satu daun yang berasal dari pohon kelor. Daun kelor mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, protein, dan serat. 

Daun kelor telah menjadi perbincangan hangat dalam beberapa tahun terakhir karena diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Daun kelor juga seringkali dianggap sebagai "superfood" yang menakjubkan. Daun kelor mudah ditemukan di banyak negara tropis, terutama di Indonesia. 

BACA JUGA:Waspadai Penularan MERS-CoV di Tanah Suci, Kemenkes Himbau Jamaah Haji Agar Lakukan Ini

Daun kelor bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, sebagai antioksidan, mencegah terjadinya anemia, membantu menjaga kadar glukosa dalam darah, mempercepat proses pertumbuhan sel dan jaringan baru, antikanker dan antitumor, mencegah terjadinya perdarahan, mencegah penyakit jantung koroner dan sebagai sumber serat.

Daun kelor dapat menjadi alternatif sumber zat besi bagi penderita anemia atau bagi remaja putri yang sedang mengalami masa pertumbuhan. 

Anemia dapat menyebabkan gangguan  pertumbuhan, perkembangan tubuh, dan produktivitas tubuh. 

Anemia dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dengan asupan zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: