KPU Belum Temukan Kegandaan Bacaleg

KPU Belum Temukan Kegandaan Bacaleg

MASIH BERJALAN. Ketua KPU Kabupaten Cirebon Dr Sopidi MA menjelaskan vermin bacaleg sedang berjalan hingga 23 Juni mendatang.-Samsul Huda-radarcirebon.com

SUMBER, RADARCIREBON.COM - Verifikasi administrasi (vermin) bakal calon legislatif (bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon tengah berjalan. Ada 862 berkas bacaleg dari 18 Partai politik yang sedang di vermin.

Vermin sendiri terhitung sejak 15 Mei hingga 23 Juni 2023 mendatang. Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Dr Sopidi MA mengatakan, vermin yang dilakukan KPU meliputi kegandaan baik dalam satu partai maupun dengan partai lainnya.

Sebab, kegandaan ini bisa terjadi baik di internal maupun eksternal partai. "Misalnya, satu orang bisa muncul di beberapa dapil dalam satu partai atau satu nama muncul di beberapa partai," ujar Sopidi, kepada Radar, Selasa (30/5).

Menurutnya, vermin yang dilakukan juga berkaitan persyaratan administrasi lainya. Artinya, syarat administrasi harus ada. Lengkap dan utuh atau benar. Dari hasil Vermin ini, lanjut Sopidi, akan diserahkan ke parpol untuk dilakukan perbaikan khususnya untuk Bacaleg yang belum utuh dan benar.

BACA JUGA:Warga Simega Cirebon Berterima Kasih ke Satpol PP, Berharap Kos-kosan Per Jam Jera

BACA JUGA:TERUNGKAP, Ada 9 Perbedaan Pendidikan di Mahad Al Zaytun Indramayu, Oh Ternyata…

"Setelah dilakukan perbaikan oleh parpol baru diinput melalui silon oleh KPU," katanya.

Ia menjelaskan, dalam melakukan perbaikan berkas pendaftaran bacaleg parpol, diharuskan untuk memperbaiki syarat pendaftaran tersebut melalui aplikasi Silon.

"Saat ini, aplikasi Silon sendiri berjalan dengan baik dan sudah bisa dioperasionalkan. Mudah-mudahan tidak mengalami kendala sehingga pelaksanaan Vermin bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana," terangnya.

Sampai saat ini, Sopidi mengaku, belum ditemukan kegandaan dari bacaleg yang didaftarkan parpol ke kPU. Sebab, proses vermin masih berjalan hingga 23 Juni mendatang.

BACA JUGA:Tukang Cukur di Kota Cirebon 'Garap' Anak-Anak, Kios Pelaku Jadi Sasaran Orang Tua

BACA JUGA:Touring ke Mandalika dengan Yamaha Fazzio Hybrid-Connected, Lady Biker Tetap Tampil Fashionable

"Untuk memaksimalkan Vermin ini kami menyiapkan 6 tim untuk melakukan Vermin dengan harapan 1 hari bisa menyelesaikan 1 partai yang harus diivermin," tandasnya.

Kaitan dengan nomor urut bacaleg, kata Sopidi, ada beberapa partai politik yang sudah muncul nomor urut dan ada juga yang mengajukan huruf abjad saja. Artinya, masih dimungkinkan ada perubahan baik nomor urut maupun perubahan di dapil, juga nama bacaleg dan lain sebagainya karena masih berproses.

"Sebelum ditetapkan sebagai calon, nomor urut sama dapil bacaleg bisa berubah. Lain halnya, ketika sudah ditetapkan menjadi calon atau masuk Daftar Calon Tetap (DCT). Itu tidak bisa," pungkasnya. (sam)

BACA JUGA:Wah, Ternyata Kompleks Mahad Al Zaytun Sudah Menjadi Surga bagi Makhluk Ini

BACA JUGA:MEGAHNYA Rest Area Tol Cisumdawu, Ada Pemandian Air Panas dan Kereta Gantung, Terbaik di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: