Jangan Anggap Sepele, Kenali Jenis-jenis Tali Pengunci Helm Berikut Ini

Jangan Anggap Sepele, Kenali Jenis-jenis Tali Pengunci Helm Berikut Ini

Jenis-jenis pengunci tali helm-DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Mengendarai sepeda motor harus dilengkapi dengan beberapa perlengkapan agar tetap aman saat berkendara.

Salah satu perlengkapan tersebut adlah helm. Berfungsi untuk meminimalisir risiko jika terjadi kecelakaan.

Selain itu juga menghindari dari pelanggaran lalu lintas ketika seseorang sedang berkendara dengan sepeda motor di jalan raya. 

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menjelaskan, helm harus memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI).

Dengan adanya label tersebut maka dipastikan helm memiliki material yang kuat dan telah teruji keamanan dan kenyamanannya.

Bagian yang mendukung kekuatan dan keamanan helm diantaranya shield atau cangkang yang bisa menahan benturan dan gesekan, kemudian kaca yang kuat, lentur dan tidak mudah pecah.

"Busa helm juga harus mendukung kenyamanan berkendara dan satu lagi yang membuat helm memiliki standar keamanan adalah tali pengikat sekaligus pengunci helm," tuturnya.

BACA JUGA:J Trust Bank Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Kinerja Tahun 2022 Kembali Positif

Perlu diketahui untuk bagian tali helm ada beberapa jenis tergantung dari model dan peruntukannya.

Adapun tiga jenis tali atau pengunci helm yang sangat umum digunakan diantaranya Quick Release.

Biasanya tali dan pengunci helm model ini digunakan pada helm-helm open face, tapi helm full face untuk keperluan touring juga ada yang menggunakan model ini.

Cara melepas pasangnya pun cukup mudah. Untuk memasangnya cukup memasukan ujung tali. Bentuknya seperti gesper dan biasanya terbuat dari besi.

Sampai berbunyi "klik" tanda jika tali helm sudah terkunci dan aman untuk digunakan.

"Tali helm ini juga sangat mudah ketika dilepas, cukup menekan tombol atau tuas pada gesper sampai terlepas, sayangnya model tali ini sangat tidak cocok untuk digunakan keperluan balapan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: