111 Tahun Stasiun Cirebon, PT KAI Daop 3 Cirebon Melaksanakan Kegiatan Ini

111 Tahun Stasiun Cirebon, PT KAI Daop 3 Cirebon Melaksanakan Kegiatan Ini

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana melihat timbangan dan gembok tua di Stasiun Cirebon, Minggu (4/6/2023). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ulang tahun Stasiun Cirebon ke-111. PT KAI Daop 3 Cirebon berkolaborasi dengan IRPS dan Cirebon History.

Mereka menggelar acara napak tilas dan preservasi timbangan eks peninggalan Belanda, Minggu (4/6/2023).

Stasiun Cirebon didesain oleh Arsitek Belanda bernama Pieter Adriaan Jacobus Moojen yang diresmikan pada 3 Juni 1912 bersamaan dengan dibukanya lintas milik SS Cikampek-Cirebon sejauh 137 kilometer. 

Stasiun Cirebon ini di tetapkan sebagai Bangunan Stasiun Cagar Budaya Berdasarkan SK Menbudpar No:PM. 58/PW.007/MKP/2010. Stasiun Cirebon terletak di Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon. 

Posisi Stasiun Cirebon yang berada di Daerah Operasi 3 Cirebon ini termasuk strategis karena tidak jauh dari persimpangan dua jalur yaitu menuju Purwokerto-Kroya dan jalur utara ke arah Semarang.

Sebagai stasiun besar, semua kereta api kelas komersial (bisnis-eksekutif) berhenti di stasiun ini. Stasiun Cirebon merupakan tipe stasiun satu muka, di mana posisi emplasemen sejajar dengan bangunan stasiun.

Vice President PT KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana menuturkan, di momen ulang tahun ke-111, melakukan kegiatan preservasi timbangan dan gembok eks peninggalan Belanda yang dibuat oleh Salter Inggris.

BACA JUGA:Gotas Sebelum Segel kantor PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Pernah Cerita Soal Dendam, Tanah dan Suara Partai

"Timbangan tua ini mampu menopang berat hingga 500 kg. Adapun usia usianya diperkirakan sama dengan usia Stasiun Cirebon ke-111 tahun," tuturnya didampingi Manager Humas Daop 3 Cirebon Ayep Hanapi.

Dikatakan Dicky, timbangan ini digunakan sebagai untuk menimbang berbagai jenis hasil bumi dan barang bawaan penumpang yang akan diangkut dengan kereta api. 

"Timbangan ini menjadi salah satu alat penting milik Stasiun Cirebon pada masanya.  Suatu kebanggaan bagi PT KAI Daop 3 Cirebon karena timbangan dan gembok peninggalan Belanda dijadikan monumen bagian heritage perkeretaapian di Stasiun Cirebon," katanya.

Selain itu, lanjut Dia, masih dalam rangkaian HUT Stasiun Cirebon ke 111 juga digelar kegiatan napak tilas jalur Staatspoorwegen non aktif dari Pelabuhan Cirebon tepatnya di Jl Benteng menuju Stasiun Cirebon.

"Napak tilas ini diikuti oleh puluhan pecinta sejarah dari komunitas Cirebon History dengan tujuan agar generasi muda khususnya lebih mengenal lagi sejarah panjang perkeretaapian di Cirebon. Untuk lebih memeriahkan Ulang tahun yang ke-111 Stasiun Cirebon, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menampilkan dance KPOP Fortune Girl  daan 111 Porter melakukan tarian Dance KPOP," ucapnya.

Ditambahkan Dicky, pada kegiatan tersebut juga PT KAI Daops 3 Cirebon menghadirkan bazar UMKM Ekonomi Kreatif.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: