Cerita Anton Asca Hobi Jadi Bisnis, Begini Caranya Menghadapi Persaingan

Cerita Anton Asca Hobi Jadi Bisnis, Begini Caranya Menghadapi Persaingan

Owner Asca Adventure Cirebon, Anton Asca Rismanto-APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menjalankan bisnis bukan hal yang mudah. Selalu ada tantangannya.

Hal tersebut juga turut diraskaan oleh Anton Asca Rismanto. Meski begitu, ia mengatakan bahwa semua tantangan bisnis pasti bisa dilalui.

Salah satunya dengan saling bertukar informasi dan berdiskusi bersama melalui sebuah wadah seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Cirebon.

Owner Asca Adventure Cirebon, Anton Asca Rismanto menuturkan bisnisnya kali ini berangkat dari hobinya berpetualang.

Hobi adventure ini membuat ia memiliki banyak relasi dari berbagai kalangan. Ia pun kemudian melihat adanya peluang dari hobi tersebut.

"Asca Adventure ini saya rintis sejak 2018 mulai ada toko offline dan online di tahun 2020," tuturnya.

Tak hanya jual beli motor trail, ia juga menghadirkan kebutuhan unit motor seperti spear part hingga service.

BACA JUGA:Penyandang Disabilitas Jadi Karyawan Minimarket di Majalengka, Alfamart: Sudah Sejak Tahun 2019

Saat merintis bisnis ini, ia sempat menghadapi pandemi. Jika pandemi menjadi tantangan terbesar para pengusaha, justru Anton merasa bisnis hobi ini menggeliat saat pandemi.

"Peminat motor untuk melakukan hobinya ini justru mulai naik di pandemi karena orang bosan di rumah dan mulai mencari aktivtas di luar," ungkapnya.

Perjalanan bisnis memang kerap naik turun. Bagaimana cara mempertahankannya adalah hal yang menjadi kunci bisnis tersebut sukses.

Kini meski orang sudah kembali beraktivtas, geliat pariwisata juga mulai muncul. Tak sedikit yang mulai mencari motor trail untuk menjelajah alam.

"Meski kini track masih jalur umum, sudah banyak adventure ke alam yang dilakukan, pelanggan saya juga kini lebih banyak dari luar Cirebon," jelasnya.

Kini tantangan terbesar yang dihadapinya adalah persaingan dagang. Penjualan dengan kompetitor saat ekonomi kini ulai bergeliat menjadi sebuah tantagan tersendiri baginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: