Ketika Mega Bintang Mudik ke Arab Saudi, Bikin Kacau Dunia Sepak Bola di Eropa

Ketika Mega Bintang Mudik ke Arab Saudi, Bikin Kacau Dunia Sepak Bola di Eropa

Para bintang sepak bola dunia yang salah satunya Karim Benzema bergabung ke Saudi Pro League.-Karim Benzema/Ig-radarcirebon.com

JEDDAH, RADARCIREBON.COM - Liga Sepak Bola Profesional Saudi atau Saudi Pro League, sedang menjadi pembicaraan dunia. Liga ini dinilai telah “mengacaukan” dunia persepakbolaan.

Ada dua hal yang membikin Saudi Pro League “mengacaukan” dunia sepak bola. Pertama, liga tersebut membidik para mega bintang untuk “mudik” alias meramaikan sepak bola Arab Saudi. Setidaknya ada 10 mega bintang yang bakal menjadi bidikan.

Kedua, para mega bintang yang “mudik” ke Arab Saudi itu nilai transfer dan bayarannya fantastis. Sangat mahal. Hal itulah yang membuat musim transfer tahun ini menjadi kacau balau. Banyak pemain hebat menaikkan bayarannya.

Yang terbaru, Karim Benzema bergabung ke klub jawara Liga Arab Saudi, Al Ittihad. Bomber Prancis itu diikat kontrak hingga 2026. Peraih Ballon d'Or 2022 itu dengan bayaran fantastis: 200 juta euro per tahun. Atau sekitar Rp 3,2 triliun.

BACA JUGA:Polres Cirebon Kota Bantah Tolak Laporan Kasus Dugaan Penghinaan Gambar Ir Soekarno

Sebelumnya ada Cristiano Ronaldo yang sudah lebih dulu berkarier di negara Timur Tengah tersebut. Keduanya bakal menjadi bintang baru  Liga Arab Saudi. Si julukan CR7 memang sudah setengah musim direkrut Al Nassr dari Manchester United pada awal tahun 2023.

Sedangkan mega bintang asal Argentina Lionel Messi yang dikabarkan mendapat tawaran dari klub Liga Arab Saudi, Al Hilal pada Mei lalu lebih memilih bergabung dengan Inter Miami.

Ia menegaskan tak tergiur dengan gaji tinggi yang ditawarkan klub Arab Saudi 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 7,4 triliun per tahun.

Liga Profesional Saudi (Saudi Pro League) adalah sebuah divisi teratas liga sepak bola di Arab Saudi. Liga ini sebelumnya disebut Liga Abdul Latif Jameel, atau Dawry Jameel. Hak itu karena disponsori oleh Abdul Latif Jameel selama enam tahun sejak dari 2013 hingga 2019.

BACA JUGA:Anak Krakatau Erupsi dan Lontarkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Hanya 16 tim yang bersaing di kasta tertinggi Liga Arab Saudi.  Setiap tim perlu menghadapi 30 pertandingan sepanjang musim. Pada 31 Mei 2023 lalu kompetisi sudah berakhir.

Sedangkan Al Ittihad yang dipilih Karim Benzema merupakan klub profesional yang terkaya. Dihimpun dari berbagai sumber, klub ini milik Public Investment Fund (PIF) dan Al Ittihad Non-Profit Foundation. PIF menjadi mayoritas pemilik saham dengan total 75 persen. 

PIF adalah lembaga penampung dana umat (Sovereign Wealth Fund) milik Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang dipimpin langsung putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman (MBS).

Seperti diketahui, Saudi Pro League memang sedang gencar-gencarnya menggaet pemain-pemain bintang dunia. Sebagai awalan, liga tersebut telah mendatangkan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: