Rinna Suryanti Dorong Pelestarian Hadroh

Rinna Suryanti Dorong Pelestarian Hadroh

Rinna Suryanti, ST usai menghadiri acara silaturahmi komunitas Konci Rianty bersama warga di RW 12, Bedeng Baru, Pekalipan, Kota Cirebon, Minggu (11/6/23).-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Penguatan karakter pada era keterbukaan  harus terbentengi dengan baik. Terlebih, ditengah gempuran informasi global. Maka dari itu, upaya pelestarian seni budaya bersifat religi sangat diperlukan. Seperti halnya, pelestarian musik Hadrah atau Rebana.

Hal tersebut disampaikan Rinna Suryanti, ST usai menghadiri acara silaturahmi komunitas Konci Rianty bersama warga di RW 12, Bedeng Baru, Pekalipan, Kota Cirebon, Minggu (11/6/23).

Menurut Rinna, Pelestarian seni musik bernuansa Islami Hadroh ini salah satu upaya membentengi diri dan sebuah solusi ditengah gempuran budaya asing, khususnya, bagi kaum millenial, dalam musik Hadroh, tidak saja sekedar memainkan alat musik berupa rebana. Akan tetapi, didalamnya terkandung semangat syiar Islam.

Selain itu, dalam Hadroh tersebut kita melafalkan ayat-ayat suci Al-Quran. Tentunya, ini sangat positif bagi keseimbangan antara jasmani rohani kaum millenial khususnya di RW 05 Bedeng Baru ini.

BACA JUGA:TERANG-TERANGAN, Syekh Panji Gumilang Ingin Ubah Pemerintahan Indonesia, Hapus Pemda dan Kecamatan

BACA JUGA:Netizen Senang Tante Ernie Muncul lagi di Instagram, Beneran Mau Cerai?

Sementara itu, jalannya acara silaturahmi berlangsung dalam suasana keakraban. Ratusan warga setempat berinteraksi dan berdialog langsung dengan Owner Konci Rianty.

Dihadapan Rinna Suryanti, berbagai hal terkait kegiatan keseharian diutarakan beberapa warga.  Dede (23) salah satu pemuda setempat misalnya, dirinya bersama karang taruna setempat mengutarakan aktifitas berolahraga. Selain itu, kader Posyandu yang menyampaikan seputar kegiatan penanganan kesehatan balita, dan dialog tentang persoalan lainnya.

"Alhamdulillah, kami disini dapat diterima sebagai keluarga. Semoga ini suatu bekal kita bersama dalam mewujudkan kesejahteraan warga," harapnya.

Sebagai dukungan dalam pelestarian seni musik Hadroh yang dimainkan kaum millenial, secara simbolis, Rinna Suryanti  menyerahkan bantuan seperangkat alat musik rebana yang diterima Aris langsung Aris Hidayat, pimpinan grup Hadrah Al-Hidayah Bedeng Baru.

BACA JUGA:Bete di China, Messi Pilih Liburan Ketimbang Main Lawan Indonesia

BACA JUGA:2 Pelajar SMP Wahidin Lolos OSN ke Tingkat Provinsi

Atas penyerahan bantuan tersebut, pihaknya mengapresiasi Komunitas Konci Rianty yang telah peduli terhadap pelestarian seni musik Hadrah.

"Tentunya bantuan ini merupakan suntikan motivasi dalam melestarikan, menjaga dan merawat musik nuansa Islami Hadroh di kampung kami ini," pungkasnya. (abd)

BACA JUGA:Permohonan Maaf dan Janji Sandy Walsh Bikin Terharu, Belum Debut di Timnas Sudah Begini...

BACA JUGA:PT Inovasi Medik Indonesia Sebut Pegadaan Antropometri di Dinkes Kabupaten Cirebon Sudah Sesuai Prosedur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: