DIPASANG BENDERA, Tol Cisumdawu Segera Dibuka Fungsional sampai Kertajati? Lihat Progres Terkini

DIPASANG BENDERA, Tol Cisumdawu Segera Dibuka Fungsional sampai Kertajati? Lihat Progres Terkini

Tol Cisumdawu diperkirakan akan segera beroperasi fungsional.-Rochamedia/Ist-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Pembangunan Tol Cisumdawu yang sudah hampir rampung seluruhnya, diperkirakan sudah memasuki tahap fungsional dalam waktu dekat.

Sempat muncul kabar bahwa Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan dibuka fungsional untuk Seksi 4 sampai dengan 6, pada Kamis, 22, Juni 2023.

Tetapi, ternyata tidak demikian adanya. Jalan Tol Cisumdawu masih ditutup untuk akses dari Km 152 Tol Cipali atau Junction Dawuan.

Arus lalu lintas dari arah Cimalaka juga belum bisa mengakses menuju ke Seksi 4 Cimalaka - Legok sampai dengan Ujung Jaya.

BACA JUGA:MENGHERANKAN! Di Tengah Demo, Al Zaytun Buka Pendaftaran Santri Baru, Banyak yang Daftar

Kendati demikian, tanda-tanda beroperasi dari Tol Cisumdawu ini kian terlihat. Misalnya dari persiapan yang dilakukan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

Sejumlah kendaraan dari perusahaan tersebut kemarin wara-wiri di sepanjang jalur tol yang akan dibuka dan memasang umbul-umbul.

Diperkirakan pemasangan umbul-umbul ini, menandakan rencana dibukanya Tol Cisumdawu kian dekat. Meski belum diketahui kapan waktu persisnya.

Presiden Direktur PT CKJT, M Jusuf Hamka sebelumnya meminta agar ruas jalan tol sepanjang 62 kilometer tersebut dibuka menyeluruh di awal Juli.

BACA JUGA:WADUH! 5 Perusahaan Laporkan Mantan Direktur KIC ke Polisi Karena Merasa Ditipu

Meski di Bulan Juni sudah siap, tetapi Jusuf Hamka menginginkan segala sesuatunya benar-benar siap lebih dahulu dan baru dibuka.

Kendati demikian, Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono justru ingin lebih cepat.

Basuki sempat menargetkan agar ruas jalan tol tersebut dibuka seluruhnya di awal Juni. Meski kemudian target ini gagal terpenuhi dan kemudian ditargetkan 15 Juni.

Tapi sampai dengan sekarang menjelang akhir Juni, justru belum juga dibuka. Meski tanda-tanda ke arah beroperasi sudah terlihat. Yakni dengan dilaksanakannya uji laik fungsi (ULF).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: