Cisumdawu Beroperasi Juli 2023, Ridwan Kamil dan Airlangga Hartarto Cek Progres Pembangunan Tahap Akhir

Cisumdawu Beroperasi Juli 2023, Ridwan Kamil dan Airlangga Hartarto Cek Progres Pembangunan Tahap Akhir

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengecek progres pembangunan jalan Tol Cisumdawu yang rencananya akan dibuka pada Juli 2023 mendatang.-Biro Adpim Jabar-

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Jelang dibukanya jalan Tol Cisumdawu dari Cileunyi menuju Dawuan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengecek progres pembangunannya.

Perlu diketahui, saat ini pembangunan Tol Cisumdawu sudah mendekati 100 persen selesai dan ditargetkan beroperasi Juli 2023. 

BACA JUGA:SABU BARU, Jaringan Narkoba Antar Provinsi Dibekuk Satreskoba Polresta Cirebon

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan Cisumdawu akan turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, setidaknya mencapai 6 persen tahun 2023. 

“Mudah-mudahan semua Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat lancar. Setiap kenaikan Jawa Barat sama dengan kenaikan Indonesia,” ujar Ridwan Kamil di Kantor KCJT View GT, Kabupaten Sumedang, Jumat 23 Juni 2023.

BACA JUGA:Ini Fokus Utama Tim Investigasi di Mahad Al Zaytun

Menurut Ridwan Kamil pemerintah berkomitmen memeratakan pembangunan melalui konektivitas wilayah, diantaranya dengan menghadirkan jalan tol. 

Melalui jalan tol, distribusi logistik antardaerah akan lebih cepat dan menciptakan multiplier effect yang nyata dirasakan masyarakat. 

BACA JUGA:9 Kelompok Usaha IPB Cirebon Lolos Program P2MW

Sementara, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Tol Cisumdawu merupakan salah satu PSN yang penting di Jawa Barat karena menjadi penghubung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

“PSN di Jawa Barat selain jalan tol juga ada tujuh bendungan. Kemudian juga beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan-kawasan. Pelabuhan Patimban (Rebana) juga terus didorong,” kata Airlangga. 

BACA JUGA:Tim Investigasi Utusan Ridwan Kamil Bertemu Panji Gumilang, Pimpinan Al Zaytun Langsung Protes

Jika sudah selesai 100 persen, Tol Cisumdawu akan membentang sepanjang 61,75 kilometer menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung dengan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Tol Cisumdawu akan jadi akses cepat menuju Bandara Kertajati. Dari Cileunyi ke Kertajati nantinya hanya akan memakan waktu 1 jam dibanding kalau lewat jalan biasa 3 - 4 jam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase