7 Ciri-ciri Asam Urat, Bukan Hanya di Kaki

7 Ciri-ciri Asam Urat, Bukan Hanya di Kaki

dr. Geety Shopya Hidayat-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - SAHABAT SUKA, keluarga atau rekan terdekat Anda memiliki keluhan nyeri di sekitar kaki dan lutut? Nah, umumnya nyeri pada sendi di bagian kaki menjadi ciri-ciri asam urat.

Apa itu asam urat?

Asam urat atau gout arthritis adalah peradangan atau nyeri pada sendi (Arthritis) yang disebabkan adanya penumpukan kristal. Kristal tersebut adalah monosodium urate yang mengendap di sekitar sendi, sehingga timbul rasa sakit. Ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam darah (Hiperurisemia).

Kadar asam urat yang tinggi berasal dari purin. Purin bisa didapat dari makanan atau minuman yang sering dikonsumsi. Makanan atau minuman dengan tinggi purin antara lain seperti alkohol, daging domba, bacon, jeroan, daging merah, serta ikan dan makanan laut lainnya seperti udang, ikan sarden, lobster.

Selain makanan, faktor lain yang membuat Anda terkena asam urat adalah genetik dan komplikasi akibat penyakit lain, seperti diabetes dan batu ginjal yang disebabkan tingginya kadar asam urat.

BACA JUGA:BKKBN Fokuskan Pemutakhiran Data Keluarga Tahun 2023 di 13.263 Desa

BACA JUGA:Daftar Negara Peserta Piala Dunia U-17, Israel Ada?

7 ciri-ciri asam urat yang jarang disadari

1. Rasa nyeri di jempol kaki
Asam urat umumnya menimbulkan gejala rasa sakit di dekat jempol kaki. Penyebabnya sangatlah tidak jelas, bisa jadi dari makanan yang dikonsumsi, penyakit bawaan, atau metabolisme yang tidak seimbang.
Asam urat cukup sensitif terhadap perubahan suhu. Inilah alasan mengapa kristal asam urat yang tidak dapat dipecah dan menumpuk itu berkumpul di jempol kaki, karena suhu yang dingin dan jauh dari jantung. Kristal tersebut mengendap dan membengkak seiring waktu tanpa Anda sadari.

2. Nyeri pada pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku
Selain jempol kaki menjadi tempat bermuara asam urat, pembengkakan dan rasa nyeri dapat terjadi di sekitar pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku. Perlu diketahui bahwa asam urat dapat menyerang pada sekitar sendi.

Nyeri sendi karena asam urat umumnya terjadi di sekitar lutut, namun tidak menutup kemungkinan untuk menyebar di persendian lainnya. Gejala nyeri bisa hampir serupa dengan rheumatoid arthritis (RA). Untuk mengetahui apakah hanya nyeri sendi biasa, atau gejala asam urat, periksakan ke dokter ya!

3. Terasa sakit dan nyeri pada malam hari
Salah satu ciri asam urat yang perlu Sahabat SUKA sadari adalah rasa nyeri di malam hari. Terdapat beragam faktor yang membuat kaki atau pergelangan tangan Anda sakit:
a. Perubahan suhu yang lebih rendah pada malam hari, sehingga mendorong asam urat untuk membentuk kristal yang menimbulkan rasa sakit.
b. Faktor karbon dioksida yang tidak dikeluarkan secara ekstra selama tidur dapat meningkatkan tingkat keasaman darah. Alhasil memicu produksi asam urat.
c. Faktor sleep apnea yang diderita oleh Anda. Menurut Arthritis Research and Therapy, penderita sleep apnea berpotensi 1,86 kali untuk memiliki asam urat. Namun, bisa didukung oleh faktor lain, seperti usia yang lebih tua, jenis kelamin laki-laki, indeks masa tubuh (BMI) memasuki level obesitas.

BACA JUGA:SEPAKAT, Masa Jabatan Kades 9 Tahun, Dana Desa Jadi Rp2 Miliar

BACA JUGA:Dukung Kemajuan Aktivitas Offroad, Yamaha Ambil Bagian di Event Enduro Internasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: