Rangkuman Perjalanan Tol Cisumdawu Penuh Tantangan di 2023, Sempat akan Beroperasi Februari Lalu Terjadilah

Rangkuman Perjalanan Tol Cisumdawu Penuh Tantangan di 2023, Sempat akan Beroperasi Februari Lalu Terjadilah

Rangkuman perjalanan Tol Cisumdawu di tahun 2023 yang beberapa kali mundur dari target.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Tol Cisumdawu sempat ditargetkan beroperasi pada Februari 2023 sesuai dengan target dari Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Namun, ternyata target tersebut gagal terpenuhi karena aspek konstruksi Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan yang belum selesai.

Kemudian target beroperasi Jalan Tol Cisumdawu bergeser sampai Bulan Maret dan hingga kini masih belum dapat dilakukan secara penuh.

Padahal, sebagian ruas tol ini sempat dioperasikan saat arus mudik dan balik meski di Seksi 4 sampai dengan 6 hanya dilakukan satu arah.

BACA JUGA:Polisi Akan Pelajari Laporan DPP FAPP Terhadap Panji Gumilang Terkait Dugaan Penistaan Agama

Berikut adalah rangkuman perjalanan Tol Cisumdawu terhitung Februari sampai dengan Juni 2023:

1. Target Beroperasi Akhir Februari

Target tol sepanjang 61,75 kilometer tersebut beroperasi akhir Februari 2023 sempat disampaikan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) di Rapat Kerja DPR RI.

Namun, curah hujan tinggi hingga kondisi tanah di sekitar Seksi 5 ternyata menyebabkan kondisi yang membuat target akhirnya harus diundur.

Menjelang akhir Februari 2023, tiba-tiba terjadi longsor di area Seksi 5 Km 51+000 atau tepatnya di Desa Babakan Asem, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang.

BACA JUGA:PT KIC Belum Urus Izin Kawasan Industri di Losari, Eks Direkturnya Ditahan Polresta Cirebon

Penanganan longsor ini, tidak bisa dilakukan dengan urugan. Sehingga harus diubah perencanaannya dengan membangun Jembatan Gunung Puyuh dengan panjang sekitar 201,32 meter yang membentang di atas urugan.

Konstruksi jembatan ini ditargetkan selesai 45 hari dan baru diselesaikan satu arah pada saat arus mudik dan balik lebaran.

Sekarang Jembatan Gunung Puyuh sudah berdiri kokoh dan bisa dilintasi kendaraan baik pada Jalur A dan Jalur B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: