Tol Cisumdawu Dibuka Total Ketika Idul Adha dan Libur Panjang, Masih Nunggu Apa Lagi?

Tol Cisumdawu Dibuka Total Ketika Idul Adha dan Libur Panjang, Masih Nunggu Apa Lagi?

Tol Cisumdawu baru dibuka pada awal Juli 2023, padahal ada libur panjang dan Idul Adha di akhir Juni. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Rencananya baru Juli 2023 Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) secara resmi dibuka.

Padahal pada akhir Juni ini ada momen penting, hari raya Idul Adha. Momen yang sangat tepat membuka total Jalan Tol Cisumdawu.

Bukan hari raya Idul Adha yang menjadikan tol tersebut harus dibuka. Tetapi cuti bersama yang menjadi libur panjang menyertai hari raya tersebut, yang menjadi alasannya.

Seperti diketahui, tahun ini ada perbedaan jatuhnya hari raya Idul Adha antara Muhammadiyah dan pemerintah. Muhammadiayah menetapkan hari raya pada tanggal 28 Juni 2023. Sementara pemerintah menetapkan pada tanggal 29 Juni 2023.

BACA JUGA:NAH LOH! Ridwan Kamil Sudah Laporan ke Mahfud MD, Syekh Panji Gumilang Bilang Tabayun Belum Dilakukan

Akibat perbedaan itu, maka pemerintah dengan bijak menetapkan pada tanggal 28 dan 29 Juni 2023, sebagai hari libur nasional. 

Bukan hanya itu, pemerintah juga menetapkan hari berikutnya pada tanggal 30 Juni 2023 sebagai hari cuti bersama. Sementara pada tanggal 1 dan 2 Juli 2023 jatuh pada hari Sabtu dan Minggu sudah menjadi hari libur reguler.

Artinya, libur dan cuti bersama di minggu depan itu sangat panjang. Selama 5 hari. Dimulai pada hari Rabu tanggal 28 Juni hingga Minggu 2 Juli 2023.

Belum sampai di situ. Masih ada lagi libur yang sangat panjang. Yakni libur akhir tahun ajaran bagi anak sekolah. Liburan itu juga terjadi pada bulan Juli. Tetapi pada akhir Juni ini juga sudah banyak yang “mencicil” liburan lebih awal.

BACA JUGA:Rangkuman Perjalanan Tol Cisumdawu Penuh Tantangan di 2023, Sempat akan Beroperasi Februari Lalu Terjadilah

Nah, serangkaian liburan dari akhir bulan Juni hingga pertengahan Juli 2023 tersebut akan menjadi problem tersendiri bagi arus lalu lintas. Bukan hanya padat, kemacetan pun bakal terjadi di mana-mana.

Apalagi jalur dari dan menuju Bandung, lalu lintas hampir dipastikan sangat padat. Karena kita tahu semua, Kota Kembang tersebut menjadi salah satu tujuan liburan yang paling banyak diminati.

Seharusnya kesempatan ini bisa dimanfaatkan  oleh pengelola Jalan Tol Cisumdawu. Untuk segera membuka secara total tol tersebut terhubung dengan Jalan Tol Cipali. Tujuan utama tentu untuk mengurangi kemacetan di jalan alteri Kadipaten - Cimalaka.

Hari-hari biasa saja, jalan alteri antara Kadipaten di Majalengka dan Cimalaka di Sumedang itu sangat padat. Apalagi ketika liburan panjang seperti itu, hampir bisa dipastikan akan terjadi kemacetan di mana-mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: