Selain Havenu Shalom Aleichem, Syekh Panji Gumilang Punya 2 Jenis Salam Lainnya, Apa Saja?

Selain Havenu Shalom Aleichem, Syekh Panji Gumilang Punya 2 Jenis Salam Lainnya, Apa Saja?

Syekh Panji Gumilang memiliki beberapa jenis salam selain Shalom Aleichem. -Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Havenu Shalom Aleichem adalah satu dari 3 jenis salam yang kerap diungkapkan oleh Syekh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, pemimpin Mahad Al Zaytun.

Padahal, selain salam dalam Bahasa Ibrani yang identik dengan Bangsa Yahudi itu, Syekh Panji Gumilang punya beberapa jenis salam lainnya.

Ketiga jenis salam itu, sebenarnya punya arti yang mirip-mirip. Menariknya, Syekh Panji Gumilang belakangan lebih sering mengucap Shalom Aleichem setelah Assalammualaikum.

Misalnya, saat Syekh Al Zaytun menyapa wartawan di Gedung Sate. Havenu Shalom Aleichem kembali dipakai untuk menyapa. Bahkan dijawab Shalom Aleichem.

BACA JUGA:MEMBANGGAKAN, Dzaki Wardana dari Indonesia Membelah Garis Tengah Amerika Selama 20 Hari dengan Sepeda

Ucapan sapaan dan salam ini, pertama kali heboh karena potongan video ketika peringatan 1 Suro di Masjid Rahmatan Lil Alamin.

Kemudian dalam beberapa kesempatan dipakai syekh. Termasuk didendangkan dengan iringan musik keroncong. Sehingga bukan hal aneh di Mahad Al Zaytun.

Bahkan, saat wisuda Institut Agama Islam (IAI) Al Azis Mahad Al Zaytun, Syekh Panji Gumilang menyampaikan 3 jenis salam sekaligus.

Pertama, diawali dengan Assalamualaikum Wr Wb. Kemudian dilanjutkan dengan Rahayu Ingkang Pinanggih. Lalu, salam dalam Bahasa Ibrani: Havenu Shalom Aleichem.

BACA JUGA:'Harta Karun' Dibuka Tahun Depan dan Aset Rp 50 Triliun: Mereka Berusaha Merebut Al Zaytun dari Panji Gumilang

Salam yang disampaikan tersebut ternyata memiliki makna: Saya doakan kesuksesan dan damai sejahtera ada pada diri Anda.

Shalom aleichem (atau sholom aleichem) merupakan bahasa Ibrani yang juga berarti semoga damai menyertaimu.

Dikutip dari berbagai sumber, ucapan salam itu sering ditemukan di Timur Tengah. Artinya memang sama seperti bahasa Arabnya yakni, assalamualaikum. Salam itu, dilakukan dalam bentuk jamak.

Sehingga digunakan untuk menyalami banyak orang, tapi bisa saja digunakan untuk satu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: