Cisumdawu Jalan Tol Vulkanik, Dikelilingi Tiga Gunung, Sajikan Pemandangan Indah

Cisumdawu Jalan Tol Vulkanik, Dikelilingi Tiga Gunung, Sajikan Pemandangan Indah

Tarif Tol Cisumdawu yang akan dioperasikan mulai Juli 2023 dari Cileunyi sampai Kertajati.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Inilah jalan bebas hambatan dengan pemandangan terindah di sepanjang Pulau Jawa. Julukan itu layak disematkan kepada Jalan Tol Cileunyi SUMEDANG Dawuan (Cisumdawu).

Jalan tol yang Juli ini akan dibuka secara total itu, memang terkenal memiliki pemandangan yang indah. Juga ada beberapa lokasi yang menarik di Jalan tol sepanjang 62 km itu.

Di antaranya adalah dua terowongan atau twin tunnel dan Jembatan Kedondong yang seperti bangunan bertingkat.

Juga di jalan tol tersebut akan dibangun rest area super-mewah. Ada pemandian air panas dan ada jembatan atau skywalk yang menghubungkan dua ruas jalan tol tersebut.

BACA JUGA:Menko PMK Sudah Siapkan Skema Rehabilitasi SDM Al Zaytun

Yang menarik, Jalan Tol Cisumdawu dikelilingi  tiga gunung vulkanik di Jawa Barat. Yakni gunung Tampomas, Manglayang dan Patuha. 

Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya sebelah utara kota Sumedang. Stratovolkano itu dengan ketinggian 1684 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini juga memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung. Gunung Tampomas termasuk dalam area Taman Wisata Alam Gunung Tampomas.

Gunung Manglayang adalah sebuah gunung bertipe stratovolcano tidak aktif. Gunung itu terletak di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Gunung itu memiliki ketinggian sekitar 1818 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:'Kutukan' Makam Patapan, Ada Kaitannya dengan Tol Cisumdawu yang Tak Beres-beres?

Gunung Patuha letaknya memang agak jauh dari Jalan Tol Cisundawu. Tetapi jika cuaca cerah gunung tersebut terlihat dari jalan Tol Cisundawu.

Patuha merupakan gunung yang terdapat di Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Gunung itu memiliki ketinggian 2.434 meter.

Gunung Patuha memiliki kawah yang sangat eksotik, yaitu kawah putih. Kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha itu memiliki dinding kawah dan air yang berwarna putih.

Nah, bukan hanya dikelilingi tiga gunung. Tapi juga merupakan tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan. Bukan satu, tetapi dua terowongan sekaligus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: