Tol Cisundawu dalam Penantian, Ada 7 Sensasi dari Buahbatu Menuju Ujungjaya

Tol Cisundawu dalam Penantian, Ada 7 Sensasi dari Buahbatu Menuju Ujungjaya

Banyak yang sudah tak sabar dalam penantian Tol Cisumdawu beroperasi dari Seksi 1 sampai 6.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ini ada catatan menarik dari aktivis media sosial yang juga traveler. Sosok ini menulis pengalaman menyusuri Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisundawu), ketika Idul Fitri lalu.

Dia menyusuri tol tersebut dimulai dari Bandung menuju ke gerbang utama Ujungjaya di Sumedang. Dia mencatat setidaknya ada 7 sensasi yang tak terlupakan.

Sosok itu bernama BC Andriyanto. Dia menulis di media sosial Facebook dengan judul “Cisundawu Dalam Penantian”. Berikut ini tulisan lengkapnya:

TERUS TERANG sudah tak sabar ingin mencoba Tol Cisumdawu dari  Bandara Kertajati ke arah Bandung.

BACA JUGA:5 Amalan Sebelum dan Sesudah Sholat Idul Adha

Meski demikian saya kok nggak yakin jadwal operasi penuh akan terlaksana dalam bulan Juni 2023 ini.

Saya pernah menjajal dari arah GerbangTol Buahbatu Bandung dan Exit di Gerbang Tol interchange Ujungjaya Utama Majalengka yang berjarak 77 km. Ketika itu tol dalam status fungsional pada Hari Raya Idul Fitri lalu.

Sepanjang 77 km tersebut bisa ditempuh tepat 1 jam saja. Dengan kecepatan di kisaran 80-90 kilometer per jam (kpj). Masuk Gerbang Buahbatu pukul 11.39 WIB. Exit Gerbang UjungJaya Utama pkl 12.39 WIB.

Panoramanya sangatlah aduhai. Mata ini dimanjakan oleh panoram sebagai berikut:

1. Selepas interchange Cileunyi tampak Gunung Geulis di arah jam 13.30.

BACA JUGA:Cisumdawu Jalan Tol Vulkanik, Dikelilingi Tiga Gunung, Sajikan Pemandangan Indah

2. Sedikit di belokan ke kiri sebelum flyover Jatinangor di arah jam 15.00 tampaklah Bukit Jarian di balik tanjakan Jatinangor dan komplek perumahan Jatinangor. Maju sedikit lagi di belakangnya tampak Gunung Leutik di belakang Pangjugjugan.

3. Tepat ke arah utara di belakang Kiarapayung ada Gunung Manglayang yang kaya akan spot-spot wisata itu, tampak gagah menjulang di kejauhan.

4. Setelah berbelok ke kanan selepas exit tol Jatinangor, jika mata jeli maka suguhan area persawahan terassering. Di kiri kanan jalan tak akan terlewatkan hingga masuk-keluar terowongan tol, yang kini masih menjadi satu-satunya ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: