Tetap Sehat Setelah Hari Raya Idul Adha

Tetap Sehat Setelah Hari Raya Idul Adha

dr. Rilda Citra Janiari-istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - MAKANAN seperti daging adalah makanan khas saat Idul Adha. Rasanya memang enak, tapi berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Daging sangat tinggi lemak dan kolesterol sehingga makan terlalu banyak justru berdampak negatif bagi tubuh.

Karena itu, Anda perlu menyeimbangkan konsumsi daging dengan makanan sehat lainnya juga. Itu membuat tubuh tetap sehat, terutama berat badan dan tekanan darah, serta menghindari masalah kesehatan yang mengancam jiwa. Makanan sehat setelah Idul Adha

Lalu apa saja makanan sehat yang bisa Anda konsumsi? Berikut ini adalah:

1. Sayuran
Mengonsumsi sayuran tentu dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting. Namun, pastikan sayuran yang Anda gunakan tidak diolah dengan santan. Ini karena sebenarnya meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Sayuran mengandung serat yang penting untuk kesehatan tubuh.

Kandungan ini membantu menurunkan kolesterol darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
Selain itu, serat penting untuk mendukung fungsi usus yang lebih sehat dengan mengurangi divertikulosis dan sembelit. Terakhir, mengonsumsi sayuran kaya serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, namun dengan lebih sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.

BACA JUGA:Naik Haji di Indramayu, Tawaf Keliling Al Zaytun dan Lempar Jumrah 7 Sak Semen Dibantah Syekh Panji Gumilang

BACA JUGA:Panji Gumilang Kalahkan 3 Capres, Hasil Survei Bisa Membawa Indonesia Hebat

2. buah
Jangan lupa untuk makan buah-buahan bersama dengan sayuran. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition, makan sayur dan buah membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral, terutama vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan mineral lainnya.
Selain itu, buah-buahan juga memberikan berbagai nutrisi penting bagi kesehatan tubuh, seperti potasium, serat, dan asam folat. Buah-buahan yang dimakan setelah makan daging dan santan antara lain jeruk, semangka, pisang, dan stroberi.

3. rempah rempah
Selain digunakan sebagai bumbu masak dan penambah cita rasa, rempah-rempah juga memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.
Berikut beberapa rempah-rempah dan manfaatnya:
Kayu manis. Baik untuk penderita gula darah tinggi. Ramuan ini dapat membantu menurunkan gula darah.
Kunyit. Rempah-rempah jenis ini juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi peradangan pada tubuh.

Jahe. Ramuan ini bermanfaat untuk meredakan mual, diare, dan sakit perut.
bawang putih Mengkonsumsi bawang putih dapat membantu melindungi jantung dari risiko gangguan kesehatan yang berbahaya.
Cabe rawit. Capsaicin dalam cabai tidak hanya memberikan rasa pedas, tetapi juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit.

BACA JUGA:Waduh, Gara-gara Tali Putus Sapi Limosin Ngamuk Saat Akan Disembelih

BACA JUGA:Aldi Satya Mahendra Optimis Kembali Raih Podium Juara di R3 bLU cRU European Championship di Donington Park

4. Teh
Tidak ada salahnya minum teh saat Idul Adha setelah makan daging dan santan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pharmaceutical Sciences and Research menjelaskan bahwa berbagai jenis teh membantu meningkatkan energi, meredakan masalah perut atau pencernaan, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda nikmati setelah Idul Adha untuk mencegah kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Namun, jika kamu mengalami gejala yang tidak biasa, segera konsultasikan ke dokter untuk cara penanganannya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: