Program Garuda Select U-17 Kembali Dimulai, Ini Targetnya

Program Garuda Select U-17 Kembali Dimulai, Ini Targetnya

Sejumlah pesepakbola muda mengikuti seleksi program Garuda Select U-17 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu 5 Juli 2023.-pssi.org-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Program Garuda Select kembali digelar untuk mewadahi potensi pemain sepak bola Tanah Air di kelompok U-17.

Program Garuda Select U-17 dimulai hari ini, Rabu 5 Juli 2023 pagi di Stadion Madya, Jakarta.

BACA JUGA:Bahaya! Rokok Bentuk Kekerasan Terhadap Anak Karena Mengganggu Kesehatan

Mantan punggawa Chelsea era 1990-an, Dennis Wise memimpin langsung program Garuda Select yang berlangsung selama 3 hari.

Hadir pula Direktur Teknik Indra Sjafri dan pelatih tim U-17 Indonesia Bima Sakti.

BACA JUGA:WOOW! Panji Gumilang Miliki 256 Rekening, PPATK Turun Gunung

Program Garuda Select adalah salah satu gebrakan program dari PSSI sejak tahun 2019. Program pelatihan ini dilakukan secara sistematis mulai dari proses seleksi pemain higga kepelatihan.

Dengan adanya program pelatihan Garuda Select ini, diharapkan para pemain terpilih bisa mendapatkan sisi positif dari kultur sepak bola di Eropa serta membawa kemajuan dan peningkatan kualitas para pemain sepakbola di Indonesia.

BACA JUGA:Hore! Persib Bandung Berhak Mengelola Stadion GBLA Hingga 30 Tahun Mendatang

Dalam seleksi tersebut, sebanyak 132 pemain dari berbagai pelosok Tanah Air didatangkan untuk mengikuti seleksi yang akan berlangsung dari tanggal 5-7 Juli 2023.

Program seleksi ini selaras dengan program seleksi pemain untuk skuat tim U-17 yang diproyeksikan akan tampil di Piala Dunia U-17 di Indonesia akhir tahun nanti.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Naikkan Status Proses Hukum Panji Gumilang dari Penyelidikan Menjadi Penyidikan

“Di hari pertama kami sudah melakukan komunikasi dengan Dennis Wise selaku direktur teknik program bahwa akan ada sinergi program antara seleksi yang dilakukan ini dan seleksi tim nasional. Setelah proses seleksi ini selesai dilakukan, kita memberikan pemain-pemain terbaik untuk timnas, kemudian untuk program Garuda Select” ujar Indra Sjafri.

Indra menambahkan seleksi yang dilakukan oleh program Garuda Select bukan menjadi satu-satunya cara untuk melakukan mendapatkan pemain terbaik, namun melalui pemantauan langsung pemain saat mereka tampil di kompetisi.

BACA JUGA:Rudi Voller Calon Dirtek Timnas Indonesia, Benarkah?

“Pemilihan pemain tentu akan lebih akurat jika kita melakukan pemantauan di lapangan bukan dengan mengumpulkan banyak pemain dan memilih mereka dalam waktu hanya 2-3 hari.”

“Tetapi, hal ini akan membantu bagi tim pelatih untuk melihat potensi dari para pemain yang sudah dipanggil untuk program Garuda Select ini” jelasnya.

Seleksi Garuda Select dilakukan dengan memainkan semua pemain dalam pertandingan internal berdurasi 2x20 menit.

BACA JUGA:Komplotan Curanmor Diamankan Satreskrim Polres Ciko, Satu Pelaku Warga Majalengka DPO

132 pemain dibagi menjadi 12 tim, di mana setiap pemain diminta untuk menunjukkan permainan terbaiknya sesuai dengan posisi mereka masing-masing.

Mereka yang terpilih pun nantinya akan masuk dalam skuad Garuda Select angkatan ke-6, dan para pemain terpilih akan menjalani latihan intensif di Britania Raya, Inggris. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase