Banyak yang 'Tertipu' Jalan Tol Cisumdawu, Disangka Sudah Dibuka, Ternyata Agustus?

Banyak yang 'Tertipu' Jalan Tol Cisumdawu, Disangka Sudah Dibuka, Ternyata Agustus?

Jalan Tol Cisumdawu kabarnya baru akan diresmikan di Bulan Agustus 2023.-Apri Subroto/Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Banyak yang menyangka awal Juli ini Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) sudah dibuka total. Ternyata, hingga Jumat sore ini belum juga ada tanda-tanda.

Informasi yang beredar awalnya Tol Cisumdawu dibuka pada akhir Juni 2023. Bersamaan dengan libur hari raya Idul Adha dan musim libur sekolah.

Karena belum siap, katanya Tol Cisundawu dibuka total pada awal Juli 2023. Ternyata belum juga ada tanda-tanda kalau tol 62 km itu akan dibuka secara keseluruhan.

“Wah saya ketipu, ternyata Tol Cisundawu masih ditutup,” ungkap salah seorang pengendara asal Tegal yang ingin ke Bandung melalui Tol Cisumdawu.

BACA JUGA:Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru Terjang Lumajang, 3 Orang Meninggal Dunia

Ketika mendekati petunjuk tol yang mengarah ke Bandung, ternyata masih ditutup. “Saya putuskan lewat Subang saja. Gak tahu macet nggak. Karena Cisumdawu belum dibuka,” ungkapnya ketika sedang beristirahat di rest area Tol Cipali yang masuk kawasan Indramayu.

Menurutnya, banyak orang tahu jika awal Juli Tol Cisundawu dibuka. Bahkan di WA grup pun banyak yang memastikan dibuka total pada awal Juli.

Pemerintah memang pernah mengungkapkan jika Tol Cisumdawu tersebut dibuka pada akhir Juni 2023. Namun rencana itu batal, karena masih ada persoalan teknis yang belum selesai.

Kemudian, pemerintah juga menyampaikan jalan tol yang memiliki pemandangan indah itu kemungkinan akan dibuka pada Juli. Hanya tidak dipastikan, apakah awal atau akhir Juli. Namun yang jelas hingga Jumat 7 Juli 2023, Tol Cisumdawu dibuka hanya sampai Cimalaka Sumedang.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Bentuk Tim Usut 289 Rekening Milik Panji Gumilang dan Pondok Pesantren Al Zaytun

Sementara itu, ada bocoran dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Jalan Tol Cisumdawu belum dibuka bulan Juli ini.

Politisi Partai Golkar ini membocorkan waktu peresmian jalan Tol Cisumdawu), kemungkinan pada Agustus 2023. Saat ini progres pengerjaan jalan itu sudah rampung.

Mengapa harus Agustus? Pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu mengungkapkan Juli ini semua sudah beres. “Tinggal cari tanggal peresmian saja," katanya.

Bulan Agustus dipilih, jelas Kang Emil, karena ada dua momen penting. Selain peresmian Jalan Tol Cisumdawu, juga ada yang lain. Yakni peresmian Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: