Sekarang BRIN Dukung Nikuba Aryanto Misel: Perlu Ada Riset Lanjutan

Sekarang BRIN Dukung Nikuba Aryanto Misel: Perlu Ada Riset Lanjutan

Aryanto Misel dengan temuannya yang diberi nama Nikuba disebut BRIN gagal total saat di Italia.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

BOGOR, RADARCIREBON.COM – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mendukung riset dan inovasi Niku Banyu (Nikuba) dari Aryanto Misel. Seperti diketahui, inovasi Nikuba itu diklaim bisa menyulap air menjadi bahan bakar atau sumber energi terbarukan.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko merespon inovasi Nikuba yang belakangan ramai jadi perbincangan publik. ’’Kita dukung,’’ tandasnya di sela peresmian Animalium di komplek BRIN Cibinong, Kabupaten Bogor. Wahana anyar milik BRIN itu diresmikan Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah BRIN.

Handoko menuturkan BRIN sudah mengetahui inovasi Nikuba itu sejak tahun lalu. Bahkan BRIN sudah menurunkan tim untuk melihat langsung inovasi tersebut. ’’Memang saat itu, masih perlu ada riset lanjutan,’’ kata mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu.

Handoko menuturkan dengan hadirnya BRIN saat ini, berbeda dengan masa sebelumnya. Ketika masih ada LIPI, Batan, Lapan, dan unit penelitian lain di kementerian atau lembaga. Handoko menegaskan dengan adanya BRIN saat ini, anggaran penelitian atau dana riset tidak hanya untuk pegawai BRIN saja.

BACA JUGA:Waspada! BMKG: Gelombang Setinggi 1,25-2,5 Meter Berpotensi Terjang Laut Jawa

BACA JUGA:Pesan dari Alumnus: Jika Anda punya teman alumni Al Zaytun, cek kesehariannya, cek medsosnya, sesat tidak?

Dia mengatakan dana riset juga bisa dimanfaatkan oleh peneliti di perguruan tinggi. ’’Selain itu juga bisa digunakan untuk personal atau individu. Seperti pada Nikuba ini,’’ kata Handoko yang duduk disamping Megawati.

Handoko menegaskan sebuah inovasi harus bisa dibuktikan secara ilmiah atau scientific. ’’Ini dulu yang nomor satu,’’ tegasnya. Untuk itu perlu ada riset lanjutan terhadap inovasi Nikuba itu. diantaranya untuk penyempurnaan. Handoko mengatakan tim periset dari BRIN siap berkolaborasi bersama-sama dengan inovator Nikuba.

Menurut Handoko, pada prinsipnya Nikuba itu adalah menghasilkan energi berbasis hidrogen. Dia mengatakan Nikuba itu adalah sebuah sistem yang menghasilkan energi berbasis hidrogen. Saat ini banyak sekali temuan atau variasi energi berbasis hidrogen.

Sebuah inovasi tentu harus dilahirkan dengan banyak aspek yang jadi perhatian. Diantaranya adalah aspek kehati-hatian. Untuk itu Handoko mengatakan ke depan perlu bersama-sama melihat inovasi Nikuba tersebut. Sehingga sampai bisa disimpulkan atau terbukti secara scientific dan diterima oleh komunitas ilmiahnya.

BACA JUGA:Dua Desa di Majalengka Geger Atas Penemuan Buku Kuno Beraksara Kawi

BACA JUGA:INOVASI! Lewat Program Paduka, Pengantin di Kuningan Langsung Dapat KK dan KTP

Sementara itu dilansir dari Radar Cirebon, terus menyita perhatian banyak pihak. Terbaru dukungan disampaikan oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. Dukungan itu diberikan karena inovasi Nikuba bisa menghasilkan sumber energi terbarukan.

Dia berharap perjalanan inovasi Nikuba menjadi harapan solusi energi alternatif di masa mendatang. Seperti diketahui Nikuba adalah akronim dari Niku Banyu atau Ini Air. Inovasi ini mengkonversi air menjadi sumber energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: