Eksim pada Bayi, Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Eksim pada Bayi, Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

dr Putti SpDV-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - SAHABAT SUKA, pernah mendengar penyakit bernama eksim? Ya, eksim ini tentu tidak asing di sekitar kita, khususnya bagi bayi dan balita. Perlu diketahui juga jika eksim bisa juga terjadi pada orang dewasa. Eksim atau dermatitis atopik adalah bercak pada kulit dengan tekstur kering dan kasar yang menimbulkan gatal. Pada bayi, eksim ini muncul di pipi, lipatan lengan, dan kaki.

Penyebab eksim pada bayi
Berikut ini adalah Penyebab eksim yang biasa terjadi pada bayi. Apa saja, ya?

1. Genetik
Perlu Sahabat MIKA ketahui jika eksim dapat diturunkan dari keluarga yang memiliki riwayat kondisi kulit yang sama, riwayat alergi, bahkan riwayat asma.

2. Imunitas bayi
Umumnya, bayi masih memiliki imunitas yang lemah dibandingkan orang dewasa. Maka dari itu, bayi mudah terpapar berbagai alergi, termasuk eksim pada kulit. Selain alergi, bayi dan anak masih rentan untuk terpapar penyakit lain.

BACA JUGA:Padahal Dekat Al Zaytun, Warga Gantar Tak Mau Sekolahkan Anak di Sana, Terungkap Alasannya, Oh Ternyata

BACA JUGA:Sekarang BRIN Dukung Nikung Aryanto Misel: Perlu Ada Riset Lanjutan

3. Lingkungan
Bayi yang hidup di lingkungan dengan banyak debu dan polusi lebih rentan terkena eksim. Selain itu, wilayah dataran tinggi yang dingin juga membuat kulit bayi menjadi lebih sensitif dan kering.

4. Aktivitas dan higienitas
Aktivitas bisa membuat kondisi kulit bayi menjadi lebih sensitif, misalnya sentuhan dari tangan orang lain, bayi yang ingin menyentuh berbagai benda yang kotor, selepas menyusu ASI atau susu formula yang masih menempel di kulit, dan selepas makan yang tidak langsung dibersihkan.

5. Kulit yang rusak
Skin barrier pada kulit bayi bisa mengalami penipisan, yang menyebabkan kulit menjadi sensitif, dan eksim lebih adaptif untuk meradang. Skin barrier ini rusak dan menipis disebabkan oleh penyakit bawaan, keturunan, alergi, hiperpigmentasi.

6. Alergi makanan
Sebanyak 30% bayi yang mengidap eksim memiliki alergi terhadap makanan, biasanya susu sapi.
Sahabat SUKA juga wajib tahu nih, jika eksim pada bayi juga dipengaruhi oleh ibu bayi itu sendiri. Misalnya, sang ibu memiliki alergi, kurang nutrisi baik, merokok dan minum alkohol, pengaruh hormon kontrasepsi, sampai stres.

BACA JUGA:Waspada! BMKG: Gelombang Setinggi 1,25-2,5 Meter Berpotensi Terjang Laut Jawa

BACA JUGA:Pesan dari Alumnus: Jika Anda punya teman alumni Al Zaytun, cek kesehariannya, cek medsosnya, sesat tidak?

Gejala eksim pada bayi
Salah satu Gejala eksim yang mudah terlihat adalah rasa gatal pada kulit. Kemudian, kulit terlihat kemerahan dengan bercak melingkar pada luka. Tentunya, tekstur kulit menjadi lebih kering, kasar, dan bersisik. Jika disentuh, kulit terasa seperti berkerak.

Apa saja pemicu eksim yang semakin parah?
Saat bayi atau anak kesayangan Sahabat MIKA memiliki eksim, rasa gatal dan sensitivitas kulit semakin parah karena diakibatkan oleh alergi maupun iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: