Motor Matik Tak Boleh Telat Ganti Oli, Efeknya Bisa Berbahaya

Motor Matik Tak Boleh Telat Ganti Oli, Efeknya Bisa Berbahaya

Khusus Pengguna Motor Matic, Jangan Lupa Untuk Ganti Oli Gardan Secara Rutin-DAM-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kondisi kendaraan yang prima bisa didapatkan manakala perawatan rutin dilakukan pada kendaraan tersebut, termasuk pada sepeda motor matik.

Salah satu jenis perawatan yang penting dilakukan untuk sepeda motor matik adalah penggantian oli rutin. Khusus untuk sepeda motor matik, penggantian oli berbeda dari motor lainnya, karena memiliki dua jenis oli. 

BACA JUGA:Satlantas Polresta Cirebon Pasang ELTE Portable di Lamer Weru, Begini Cara Kerjanya

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menuturkan selain oli mesin, ada juga oli transmisi atau yang lebih dikenal dengan nama oli gardan.

Oli gardan ini pun memiliki kapasitas yang berbeda di setiap motornya. Oli gearbox atau oli gardan punya fungsi penting untuk melumasi dan melancarkan kinerja gigi gardan pada sistem transmisi otomatis.

BACA JUGA:2 Kapal Al Zaytun Bakal Turun ke Laut, Segera Bikin yang Ketiga Panjangnya 100 Meter

Letaknya berada di bagian belakang CVT tepat di tengah poros yang menghubungkan CVT dengan ban belakang. Jika sering terlambat atau salah spesifikasi saat mengganti oli gardan, maka kerusakan pada gigi gardan bisa terjadi.

Biasanya, kerusakan komponen tersebut meliputi terjadinya keausan di bagian giginya yang lama kelamaan akan menimbulkan suara atau noise yang tidak normal.

BACA JUGA:Tol Cisumdawu Belum Muncul di Google Maps, Jangan Khawatir, Sudah Dibuka Kok, PT CKJT: Full 24 Jam

Dan apabila kapasitas oli yang sangat kurang akan berpengaruh kepada bearing yang berada di dalamnya, namun juga jangan lebih dari kapasitas yang sudah ditentukan karena apabila lebih dapat menimbulkan kerusakan pada seal yang ada di dalamnya.

"Lakukan pengecekan juga routing selang pernafasan gearbox atau gardan jangan sampai menekuk, lepas dari bracket, dan atau bahkan sobek dan tersumbat ,” ujarnya.

BACA JUGA:Korlantas Polri Usul Pajak Progresif Dihapus, Gara-gara Rumah Gubuk Punya Alphard

Seperti halnya penggantian oli mesin, penggantian oli transmisi atau oli gardan juga cukup mudah dilakukan sendiri dengan menggunakan alat sederhana.

Jadwal penggantian oli gardan berbeda dengan oli mesin, biasanya dilakukan saat jarak tempuh mencapai 8.000km atau setelah penggunaan sepeda motor selama 8 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase