Keren Nih, Pertamina Gantikan Shell di Masela, Anak Bangsa Makin Dipercaya

Keren Nih, Pertamina Gantikan Shell di Masela, Anak Bangsa Makin Dipercaya

Pertamina gantikan Shell di Blok Masela. Foto:-Pertamina Hulu Energi-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pertamina gantikan Shell di Masela. Seperti apa maksudnya?

Ya, saat ini 35% participating interest Blok Masela diambil alih oleh Pertamina dari Shell. Situasi ini mendapat acungan jempol dari pengamat.

Dikatakan oleh pengamat energi, Hanifa Sutrisna, pengambilalihan tersebut merupakan langkah yang sangat tepat.

Tidak hanya itu, menurut Hanifa, kinerja Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai Subholding Upstream Pertamina memang sedang meningkat setelah diberi kepercayaan mengelola Blok Masela.

Hanifa juga menegaskan, bahwa saat ini memang sudah waktunya mempercayakan pengelolaan blok-blok raksasa kepada anak bangsa.

“PHE sekarang sedang moncer-moncernya," kata dia dilansir dari JPNN

"Ini waktu yang tepat untuk mempercayakan pengelolaan blok-blok (raksasa) kepada anak bangsa. Kita harus optimistis,” imbuhnya.

BACA JUGA:TERUNGKAP! Letak Terowongan Bawah Tanah di Balai Kota Cirebon, Dibangun Belanda Mengarah ke Laut

Lebih lanjut Hanifa mengatakan, ada manfaat yang sangat besar dari pengambilalihan hak kelola 35 persen Lapangan Abadi di Blok Masela dari tangan Shell. 

Pertama, akan menimbulkan efek domino terhadap ekonomi dan perkembangan sumber daya manusia di daerah lokal. Ini adalah efek positifnya. 

Selain itu, akan berdampak langsung terhadap ketahanan energi secara nasional.

“Ini untuk ketahanan energi kita," ujarnya. 

"Kita lihat saja, bahwa perusahaan-perusahaan asing yang berminat pun, sebenarnya juga dalam rangka menciptakan ketahanan serupa di negara mereka. Mereka tahu, bahwa Indonesia adalah sumber mineral dan gas yang besar,” jelas Hanifa. 

Hanifa berharap bahwa negara harus memberi dukungan penuh kepada Pertamina. Bahkan, tidak hanya terkait Blok Masela, namun juga blok-blok migas lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: