Data dan Fakta Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Bagian Tersulit, Miliki 5 Komponen Keamanan

Data dan Fakta Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Bagian Tersulit, Miliki 5 Komponen Keamanan

Terowongan kembar Tol Cisumdawu yang memiliki data dan fakta menarik.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Bagi pengguna Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) ada satu lokasi yang pasti selalu diingat. Sulit untuk dilupakan dan selalu menjadi buah bibir siapapun yang pernah melintasinya.

Padahal di sepanjang Jalan Tol Cisumdawu, terkenal banyak lokasi yang indah. Baik itu berupa bangunan dan juga alam di jalur yang dilalui tol tersebut.

Namun, tempat yang satu ini mengalahkan itu semua. Bahkan banyak yang menyangka jika tempat ini bukan berada di Indonesia. Tempat tersebut dianggap berada di negara maju, Eropa atau Amerika.

Apa itu, tempat yang pasti dikenang dan selalu di ceritakan kembali itu? Tak lain dan tak bukan adalah terowongan kembar atau Twin Tunnel Tol Cisumdawu.

 BACA JUGA:MENGHITUNG HARI Tanggal Penting Bagi Mahad Al Zaytun dan Syekh Panji Gumilang di Tengah Kasus Hukum

Memang, ikon Jalan Tol Cisumdawu adalah keberadaan terowongan kembar (twin tunnel) sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter.

Presiden Joko Widodo pun minta peresmian Jalan Tol Cisumdawu dilakukan di depan mulut kedua terowongan kembar tersebut. Kemungkinan besar karena alasan jika terowongan kembar itu memang ikonnya Tol Cisumdawu.

Padahal, sudah diketahui bersama, jika peresmian jalan tol itu sudah dipersiapkan di Gerbang Tol Ujungjaya Sumedang. Lokasi itu dipilih karena memang menjadi pintu masuk Tol Cisumdawu dari arah Tol Cipali.

Selain itu juga karena lokasi itu dekat dengan tempat Presiden Joko Widodo dan rombongan mendarat. Yakni di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka.

BACA JUGA:9 Merek Tertua di Indonesia, Ternyata Ada Sirup Legendaris dari Cirebon, Hebatnya Masih Eksis

Maka tak salah jika banyak orang yang pernah melintasi tol yang dibangun sejak tahun 2011 selalu terkesan dengan twin tunnel. Terowongan terpanjang jalan tol yang dimiliki oleh Indonesia.

Ada beberapa data dan fakta menarik tentang keberadaan Twin Tunnel Tol Cisumdawu yang lokasinya di Sumedang, Jawa Barat itu. Apa saja? Inilah di antaranya:

1. Berada di Seksi 2

Pengguna bisa melewati terowongan ini jika melintasi Tol Cisumdawu di seksi dua. Hal ini karena posisinya berada di tengah-tengah jalur, antara Sumedang – Pamulihan, Kecamatan Tanjungsari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: